Kamis, 21 Januari 2016

Rangkuman Sistem Ekskresi pada Manusia - Coba kamu perhatikan gambar ginjal di samping. Ginjalmerupakan salah satu contoh organ penyusun sistem ekskresimanusia. Selain ginjal, masih ada organ tubuh lainnya yangmenyusun sistem ekskresi manusia. Organ apa sajakah itu?Apa fungsi dari organ-organ tersebut? Kelainan apa sajayang dapat terjadi pada organ-organ tersebut? Kamu akanmenemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebutsetelah mempelajari bab ini.

Rangkuman Sistem Ekskresi pada Manusia


Setelah mempelajari bab ini, diharapkan kamu dapatmendeskripsikan bentuk organ penyusun sistem eksresipada manusia, menyebutkan fungsinya, mendeksripsikancontoh kelainan dan penyakit pada sistem eksresi sertaupaya mengatasinya, dan menyadari pentingnya menjagakesehatan organ sistem ekskresi.

Tahukah kamu bagaimana zat sisa ini dikeluarkan daritubuhmu? Zat sisa ini dikeluarkan dari tubuh melalui alatekskresi. Ekskresi merupakan proses pengeluaran zat sisametabolisme yang sudah tidak diperlukan lagi bagi tubuhorganisme. Untuk lebih mengetahui tentang alat ekskresipada manusia, coba kamu cermati uraian berikut.

Ekskresi adalah proses pengeluaran zat sisa metabolisme yang sudah tidakdiperlukan lagi bagi tubuh organisme.

Alat ekskresi dalam sistem ekskresi manusia, antara lain: hati, paru-paru,kulit, ginjal, dan usus besar.

Hati atau hepar merupakan kelenjar terbesar di dalam tubuh, terletak dalam rongga perut sebelah kanan, tepatnya di bawah diafragma.

Dengan bernafas, kita telah melakukan ekskresi untuk mengeluarkan CO2dan H2O.

Kulit merupakan salah satu alat ekskresi yang diperlukan tubuh untuk mengeluarkan air, garam, dan urea dari dalam tubuh.

Ginjal berfungsi untuk mengekskresikan zat-zat sisa metabolisme yang mengandung nitrogen, seperti urea dan ammonia.

Proses pembentukan urine di dalam ginjal melalui tiga tahapan, yaitu filtrasi,reabsorpsi, dan augmentasi.

Fungsi utama usus besar adalah mengatur kadar air sisa makanan.

Beberapa penyakit yang ditimbulkan akibat rusaknya sistem ekskresi padamanusia adalah albuminuria, diabetes melitus, diabetes insipidus, nefritis,batu ginjal, poliuria dan oligouria, anuria, jerawat, eksim, dan gangren.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun