Selasa, 19 Januari 2016

Sistem Ekskresi pada Manusia - Alat ekskresi dalam sistem ekskresi manusia antaralain: hati, paru-paru, kulit, ginjal, dan usus besar. Setiapalat ekskresi tersebut berfungsi mengeluarkan zat sisametabolisme yang berbeda, kecuali air yang dapatdiekskresikan melalui semua alat ekskresi.Setelah mempelajari subbab ini, diharapkan kamu dapatmendeskripsikan bentuk organ penyusun sistem eksresipada manusia dan fungsinya. Untuk itu, ayo cermati setiapuraiannya.


1. Hati
Hati atau hepar merupakan kelenjar terbesar di dalamtubuh, terletak dalam rongga perut sebelah kanan, tepatnyadi bawah diafragma.

Sistem Ekskresi pada Manusia


Hati memiliki beberapa fungsi, antara lain:
a) Menetralisir racun sehingga tidak membahayakantubuh, kemudian racun ini dikeluarkan melalui urine.
b) Mengubah glukosa menjadi glikogen untuk mengaturkadar gula dalam darah.
c) Sebagai alat ekskresi yang mengeluarkan warnaempedu dan urine. Setiap hari, hati menghasilkanempedu mencapai ½ liter.
d) Tempat sintesis beberapa zat. Hati menghasilkan enzimarginase yang mengubah arginin menjadi ornifin danurea. Ornifin yang terbentuk dapat meningkatkan NH3dan CO2 yang bersifat racun.
e) Hati menghasilkan empedu yang berasal darihemoglobin sel darah merah yang telah tua. Empedudisimpan di dalam kantung empedu dan merupakancairan hijau serta berasa pahit. Empedu mengandungkolesterol, garam empedu, garam mineral, dan pigmenbilirubin dan biliverdin. Empedu ini berfungsi untukmencerna lemak agar mudah diserap tubuh, membantudaya absorpsi lemak di usus, mengaktifkan enzimlipase, dan mengubah zat yang tidak larut dalam airmenjadi zat yang larut dalam air.
f) Hati merombak sel-sel darah merah yang sudah tua.Hemoglobin dalam darah tersebut dipecah menjadizat besi, globin, dan heme. Zat besi dan globin dipakaikembali untuk menghasilkan sel darah merah yangbaru. Sedangkan, heme dirombak menjadi bilirubindan biliverdin yang berwarna hijau biru. Zat warnaempedu ini mengalami oksidasi di dalam usus menjadiurobilin yang memberi warna kekuningan pada fesesdan urine.


2. Paru-Paru
Paru-paru merupakan salah satuorgan ekskresi dalam tubuh. Manusiamemiliki sepasang paru-paru, yaituparu-paru kiri dan kanan. Paru-parutersebut memiliki fungsi utama sebagaialat pernapasan yang berhubungan eratdengan sistem ekskresi. Dengan bernapas,kamu mengambil O2 dari udara danmengeluarkan CO2 dan H2O.

Paru-Paru


Sisa metabolisme di jaringan berupakarbon dioksida dan air diangkut olehdarah ke paru-paru untuk dibuangdengan cara difusi di alveolus. Di alveolusbanyak pembuluh kapiler yang memilikiselapis sel sehingga proses tersebut dapatberjalan dengan baik.


3. Kulit
Kulit merupakan salah satu alat ekskresi yangdiperlukan tubuh untuk mengeluarkan air, garam, danurea dari dalam tubuh berupa keringat. Ekskresi melaluikulit sangat berhubungan dengan suhu dan kegiatan yangkamu lakukan.

Kulit


Bagian yang berfungsi sebagai alat ekskresi adalahkelenjar keringat (glandula sudorifera) yang terletak dilapisan dermis. Kulit manusia terdiri atas dua bagian, yaituepidermis dan dermis.

a. Epidermis
Epidermis terdiri atas dua lapisan, yaitu stratumkorneum (lapisan tanduk) dan lapisan malpighi. Stratumkorneum merupakan lapisan kulit mati yang dapatmengelupas dan digantikan oleh sel-sel baru. Sedangkan,lapisan malpighi terdiri atas lapisan spinosum dangerminativum.Lapisan spinosum berfungsi menahan gesekan dariluar. Lapisan germinativum mengandung sel-sel yang aktifmembelah diri, menggantikan lapisan sel-sel pada stratumkorneum. Lapisan malpighi dapat memberi warna pada kulitkarena mengandung pigmen melanin. Jika pigmen melaninterlalu banyak, warna kulit seseorang menjadi gelap.

b. Dermis
Pada bagian dermis terdapat pembuluh darah, akarrambut, ujung saraf, kelenjar keringat, dan kelenjar minyak.Kelenjar keringat menjadi aktif saat suhu panas. Hal ini menyebabkan keringat keluar ke permukaan kulit dengancara penguapan. Penguapan ini mengakibatkan suhudi permukaan kulit turun. Sebaliknya, pada saat suhulingkungan rendah (dingin), kelenjar keringat tidak aktifdan pembuluh kapiler di kulit menyempit.Pada kondisi seperti ini, darah tidak membuang airdan sisa metabolisme yang menyebabkan penguapan sangatberkurang. Hal ini menyebabkan suhu tubuh tetap dantubuh tidak mengalami kedinginan. Keluarnya keringatdikontrol oleh hipotalamus.Di bawah dermis sebenarnya terdapat jaringan ikatbawah kulit yang memiliki batas yang tidak jelas. Dilapisan ini terdapat lemak yang berfungsi sebagai cadanganmakanan. Lemak berfungsi untuk menahan panas tubuh danmelindungi tubuh bagian dalam terhadap benturan luar.


4. Ginjal
Ginjal merupakan alat ekskresi utama pada manusia.Ginjal berfungsi untuk mengekskresikan zat-zat sisametabolisme yang mengandung nitrogen, seperti urea,dan ammonia. Selain itu, ginjal juga berfungsi untukmengeluarkan zat-zat yang jumlahnya berlebihan,seperti vitamin C yang terlalu banyak dalam tubuh,mempertahankan tekanan osmosis ekstraseluler, danmempertahankan keseimbangan asam dan basa.





Sekian mengenai Sistem Ekskresi pada Manusia, semoga bermanfaat.
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun