Sabtu, 30 Januari 2016


Rangkuman Sistem Koordinasi dan Panca Indera Manusia



Dalam berkomunikasi dengan teman, kita membutuhkan peran sistem koordinasi dan alat indera. Apa saja yang termasuk sistem koordinasi dan alat indera pada manusia? Apa fungsinya? Kelainan apa saja yang dapat terjadi pada sistem koordinasi dan alat indera manusia? Pelajarilah bab ini agar kamu dapat menemukan jawaban dari pertanyaanpertanyaan tersebut.

Setelah mempelajari bab ini, diharapkan kamu dapat mendeskripsikan bentuk organ penyusun sistem koodinasi dan alat indera pada manusia, mendeskripsikan fungsinya, dan menjelaskan kelainan atau penyakit pada sistem koordinasi dan alat indera manusia.



Rangkuman Sistem Koordinasi dan Panca Indera Manusia


Pernahkah kamu menginjak benda yang panas? Tanpa kamu sadari, kamu langsung menarik kakimu. Mengapa hal ini terjadi? Hal ini terjadi karena kamu memiliki sistem saraf yang berfungsi untuk merespons rangsangan dan melaporkannya ke otak.

Sistem saraf merupakan salah satu sistem koordinasi tubuh. Selain sistem saraf, terdapat sistem hormon yang mengendalikan sistem fisiologis tubuh. Sistem saraf berhubungan erat dengan alat indera manusia. Misalnya, ketika kamu menyentuh batang bunga yang berduri, kamu terlebih dahulu melihat batang tersebut dengan mata. Kemudian, kamu menyentuh duri tersebut, lalu kamu terkejut karena duri tersebut melukai kulitmu. Dari responmu tersebut pun sistem saraf telah bekerja.


Sistem saraf terdiri atas otak, sumsum tulang belakang, dan saraf (neuron).

Neuron sensori berfungsi untuk menghantarkan impuls dari indera ke sistem saraf pusat.

Neuron motoris berfungsi untuk menghantar impuls dari sistem saraf pusat ke kelenjar atau otot.

Neuron konektor berfungsi meneruskan impuls (rangsangan) dari neuron sensori ke neuron motoris.

Gerak adalah suatu aktivitas tubuh karena adanya rangsangan oleh saraf.

Gerak biasa dilakukan dengan kesadaran, sedangkan gerak refleks dilakukan tanpa kesadaran.

Otak dibagi menjadi tiga bagian, yaitu otak besar, otak kecil, dan sumsum lanjutan.

Fungsi sumsum tulang belakang adalah sebagai pusat perantara antara susunan saraf tepi dan otak, menghantarkan impuls menuju atau dari otak, dan mengatur gerak refleks tubuh.

Di dalam tubuh manusia terdapat tujuh kelenjar endokrin yang penting, yaitu hipotalamus, hipofisis, tiroid, paratiroid, kelenjar andrenal, pankreas, dan kelenjar gonad (ovarium atau testis).

Panca indera pada manusia adalah indera penglihatan, indera pendengaran, indera peraba, indera perasa, dan indera penciuman.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun