Senin, 15 Februari 2016

Beda Potensial Arus Listrik Dinamis - Telah disebutkan bahwa dalam suatu penghantar, aruslistrik mengalir dari tempat yang potensialnya tinggi ketempat yang potensialnya rendah. Selisih potensial antaradua tempat dalam penghantar ini disebut dengan bedapotensial. Dalam Sistem Internasional, satuan beda potensialadalah volt (V).

Beda potensial antara kutub-kutub sebuah sumberlistrik ketika saklar terbuka dan tidak mengalirkan arusadalah gaya gerak listrik (ggl), dinotasikan ε. Sedangkan,beda potensial antara kutub-kutub suatu elemen listrikketika saklar ditutup dan mengalirkan muatan listrik disebuttegangan jepit, dilambangkan V. Nilai V berubah-ubahbergantung pada nilai hambatan bebannya. Hubunganantara ggl dengan sumber tegangan jepit dirumuskansebagai berikut:

Beda Potensial Listrik Dinamis


Dari kedua persamaan di atas, maka:

Beda Potensial Listrik Dinamis 2


Alat yang digunakan untuk mengukur beda potensialadalah voltmeter. Jarum pada voltmeter akan bergerak jikadigunakan untuk mengukur rangkaian listrik yang memiliki beda potensial. Besarnya beda potensial rangkaian listrikyang diukur ditunjukkan oleh jarum voltmeter.Pada rangkaian listrik yang akan diukur, voltmeterdipasang secara paralel.

Perhatikan rangkaian yang kamu buat dalam duaeksperimen yang telah kamu lakukan dalam pelajaran ini.Rangkaian yang dibuat untuk mengukur beda potensialberbeda dengan rangkaian yang dibuat untuk mengukurarus listrik. Untuk mengukur beda potensial, voltmeterdipasang secara paralel dengan baterai yang akan diukurbeda potensial antara kutub-kutubnya. Sedangkan, untukmengukur arus listrik, amperemeter dirangkai seri denganbaterai dan lampunya.


Sekian mengenai Beda Potensial, semoga ini dapat bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun