Minggu, 14 Februari 2016

Macam Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-Hari – Petir, Pengecatan Mobil, Mesin Fotocopy. Listrik statis yang dapat kita jumpai dalam kehidupansehari-hari ada yang terjadi secara alami, ada pula yangbuatan. Munculnya petir ketika hujan merupakan salahsatu bukti keberadaan listrik statis yang muncul secaraalami, tanpa ada campur tangan manusia secara langsung.Sedangkan, listrik statis yang terjadi secara buatan diantaranya listrik yang digunakan dalam proses pengecatanmobil dan pada mesin fotokopi.


1. Petir
Petir merupakan peristiwa lepasnya muatan listrikstatis yang terjadi secara dramatik dan alamiah. Peristiwaini akibat dari keluarnya muatan-muatan listrik dari benda,dalam hal ini adalah awan. Pelepasan listrik statis kadangkadangterjadi secara perlahan dan tenang. Namun, sesekaliberlangsung cepat disertai percikan cahaya atau suatu bunyiledakan. Percikan cahaya yang muncul ini disebut dengankilat.


2. Pengecatan Mobil
Di negara kita, saat ini motor dan mobil tak lagi menjadibarang istimewa. Setiap harinya ribuan kendaraan melintasdi jalan. Untuk memperoleh mobil dengan warna yangdiinginkan, pengecatan pun dilakukan. Pengecatan mobildengan menggunakan penyemprotan cat elektrostatis banyakdigunakan untuk memperoleh hasil yang maksimal. Padaproses ini, butiran cat yang berupa aerosol akan bermuatanlistrik ketika bergesekan dengan mulut penyemprot.Butiran-butiran cat ini akan ditarik menuju badan mobilyang ditanahkan selama penyemprotan. Hasilnya dijaminpengecatan akan sampai pada bagian yang paling sukardicapai apabila digunakan metode pengecatan yang biasa.

Macam Listrik Statis dalam Kehidupan



3. Mesin Fotokopi
Selain memanfaatkan konsep listrik statis, pada mesinfotokopi juga dimanfaatkan konsep optik. Proses fotokopiini menggunakan sifat unik dari logam selenium. Sebagaikonduktor foto, selenium akan menjadi konduktor jikadikenai cahaya dan menjadi isolator jika berada dalamkeadaan gelap.

Langkah-langkah utama dalam mesinfotokopi adalah:
1) Permukaan drum mesin yang dilapisi logam seleniumyang tipis diberi muatan positif dengan cara diputas didekat kawat yang bermuatan tinggi.
2) Proses pembentukan suatu pola muatan yangmerupakan pola cetakan dari halaman asli.
3) Bubuk tinta (toner) yang bermuatan negatif ditaburkanpada permukaan drum fotokonduktif.
4) Pemindahan toner ke kertas, diperoleh hasil fotokopi.
5) Setelah kertas difotokopi, perlahan-lahan permukaandrum itu kembali netral.

Mesin Fotokopi





Sekian materi mengenai Macam Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-Hari, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun