Selasa, 16 Februari 2016

Rangkaian Listrik Seri dan Pararel serta hukum Kirchoff





Pernahkah kamu mematikan saklar lampu, lalu lampudi seluruh ruangan tempat kamu itu padam? Mengapa itubisa terjadi? Lalu, mengapa pula di rumah kita terdapatbanyak saklar?

Ketika saklar dimatikan, maka semua lampu padam.Hal ini dikarenakan lampu-lampu itu disusun denganrangkaian seri, seperti rangkaian yang kamu buat padaeksperimen mengukur arus listrik. Sedangkan, alasan dibuatbanyaknya saklar di rumah adalah untuk menghindariterhentinya semua aliran listrik jika kamu mematikan lampu.Banyaknya saklar menunjukkan bahwa rangkaian yangdigunakan adalah rangkaian paralel, seperti yang kamu buatsaat mengukur beda potensial.




Rangkaian Seri
Rangkaian seri adalah penyusunan komponenkomponenlistrik secara berderet. Rangkaian seri dibuatuntuk membagi-bagi beda potensial sekaligus memperbesarhambatan listrik. Karenanya, rangkaian seri jarang digunakanuntuk merangkai komponen listrik di rumah-rumah.

Rangkaian Listrik Seri


Jika suatu hambatan listrik dirangkai seri, maka kuatarus yang mengalir pada masing-masing hambatan akansama besar, meskipun hambatan masing-masing komponenberbeda. Sehingga, pada rangkaian ini berlaku:

Rumus Rangkaian Listrik Seri




Rangkaian Paralel
Rangkaian paralel adalah penyusunan komponenkomponenlistrik secara berjajar. Rangkaian ini berfungsiuntuk membagi-bagi arus dan memperkecil hambatan listrik.Jika suatu hambatan listrik dirangkai paralel, maka bedapotensial pada masing-masing hambatan akan sama besarsehingga pada rangkaian ini berlaku:

Rangkaian Paralel

Rumus Rangkaian Paralel







Hukum I Kirchoff
Pada pembahasan rangkaian listrik telah disebutkanbahwa arus listrik yang mengalir di setiap hambatanpada rangkaian seri sama besar. Sedangkan, arus listrik pada rangkaian paralel sebanding dengan beda potensialdan berbanding terbalik dengan hambatan resistornya.Hubungan antara arus yang mengalir dan rangkaianhambatan listriknya pertama kali ditemukan oleh ilmuwanfisika bernama Kirchoff. Kesimpulan dari hasil penelitiannyayang hingga sekarang dikenal sebagai Hukum Kirchoff,menyatakan bahwa kuat arus yang masuk melalui suatupenghantar sama dengan kuat arus yang keluar daripenghantar tersebut. Kesimpulan ini dapat dituliskan dalampersamaan:


Hukum I Kirchoff








Sekian mengenai Rangkaian Listrik Seri dan Pararel serta hukum Kirchoff, semoga dapat bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun