Rabu, 17 Februari 2016

Rangkuman Listrik Dinamis


Listrik yang digunakan di rumah penduduk berasaldari pembangkit tenaga listrik. Listrik tersebut mengalirmelalui sebual kabel penghantar sehingga disebut listrikdinamis. Apa yang disebut listrik dinamis? Apa saja yangdikaji dalam listrik dinamis? Ayo cermati uraian dalam babini agar kamu dapat menemukan jawabannya.

Setelah mempelajari bab ini, diharapkan kamu dapatmendeskripsikan pengertian listrik dinamis, arus listrik,beda potensial, dan hambatan listrik, mendeskripsikancara kerja alat ukur listrik dalam suatu rangkaian, membedakanrangkaian seri dan paralel, melakukan percobaancara mengukur arus listrik dan beda potensial, sertamendeskripsikan hubungan arus listrik dengan rangkaianhambatannya.

Rangkuman Listrik Dinamis


Coba kamu perhatikan kincir air. Ketika air menyentuhkincir, kincir akan berputar untuk menggerakkan turbin.Setelah turbin bergerak, generator akan bergerak pula danmenghasilkan arus. Begitulah cara kerja kincir air sebagaipembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan melalui prosesyang panjang nantinya listrik tersebut akan disalurkan keperumahan-perumahan penduduk.

Listrik dinamis adalah kajian kelistrikan yang muatannyabergerak/mengalir. Pada pelajaran listrik dinamis ini, kamuakan mengenal istilah yang disebut dengan arus listrik,beda potensial, dan hambatan listrik. Listrik yang kinidapat dirasakan di rumah sehari-hari merupakan listrikyang muatannya bergerak. Untuk dapat memanfaatkandan menghemat listrik yang digunakan, ikutilah pelajaranini dengan cermat.




Arus listrik adalah aliran proton atau muatan listrik positif yang mengalirdari potensial tinggi ke potensial rendah.

Gaya gerak listrik (ε) adalah beda potensial antara kutub-kutub sebuahsumber listrik ketika saklar terbuka dan tidak mengalirkan arus.

Tegangan jepit (V) adalah beda potensial antara kutub-kutub suatu elemenlistrik ketika saklar ditutup dan mengalirkan muatan listrik.

Hukum Ohm menyatakan bahwa:

Hukum Ohm



Resistivitas adalah besaran fisika dari suatu bahan yang tergantung padatemperatur dan jenis bahan tersebut.

Rangkaian seri dibuat untuk membagi-bagi beda potensial sekaligusmemperbesar hambatan listrik.

Hambatan pengganti untuk hambatan-hambatan yang disusun seriadalah:

Hambatan pengganti untuk hambatan-hambatan yang disusun paraleladalah:

Hambatan pengganti


Hukum Kirchoff menyatakan bahwa kuat arus yang masuk melalui suatupenghantar sama dengan kuat arus yang keluar dari penghantar tersebut.

Hukum Kirchoff


0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun