Minggu, 14 Februari 2016

Rangkuman Listrik Statis


Coba kamu amati Gambar 7.1! Pada gambar tersebut,seseorang sedang menggosokkan penggaris plastik kerambutnya. Penggaris tersebut akan bermuatan listrik.Apakah kamu tahu, apa yang dimaksud dengan muatanlistrik? Bagaimanakah sifat-sifatnya? Adakah cara lain untukmembuat muatan listrik? Bagaimanakah cara menghitungbesarnya gaya listrik antara dua benda bermuatan listrik?Ayo temukan jawabannya dengan mempelajari bab ini.

Setelah mempelajari bab ini, diharapkan kamu dapatmendeskripsikan pengertian muatan listrik dan sifat-sifatmuatan listrik, melakukan percobaan sederhana untukmendemonstrasikan proses muatan listrik, menjelaskanhubungan antara benda bermuatan listrik, serta menyebutkancontoh listrik statis dalam kehidupan sehari-hari.

Rangkuman Listrik Statis


Pelajaran listrik statis merupakan pelajaran yangmembahas tentang muatan listrik yang untuk sementaradiam pada suatu benda. Kajian tentang listrik statis pertamakali dilakukan oleh seorang matematikawan Yunani kunobernama Thales of Miletus (625-574 SM). Ia menggosokkanbatu ambar pada kain wol dan mendekatkannya pada bendaringan, seperti bulu ayam. Saat itu, bulu ayam tersebut terbangdan menempel pada batu ambar. Dari kata batu ambar inilahistilah listrik berasal. Listrik (electricity) diambil dari kataelektron, yang dalam bahasa Yunani berarti batu ambar.


Listrik statis mengkaji tentang muatan listrik yang untuk sementara diampada suatu benda.

Besar muatan listrik proton dan elektron adalah sama, tetapi jenisnyaberbeda.

Muatan listrik yang sejenis (negatif dengan negatif atau positif dengan positif)jika didekatkan akan saling tolak-menolak.

Muatan listrik yang tidak sejenis (negatif dengan positif atau positif dengannegatif) jika didekatkan akan saling tarik-menarik.

Cara-cara untuk membuat muatan listrik adalah menggosok, induksi, danarus listrik.

Elektroskop adalah alat yang digunakan untuk mengetahui adanya muatanlistrik pada suatu benda.

Hukum Coloumb adalah aturan yang mengemukakan tentang hubunganantara gaya listrik dan besar masing-masing muatan listrik.

Secara matematis, Hukum Coloumb dapat ditulis dalam persamaan:

Hukum Coloumb dapat ditulis dalam persamaan



Konstanta dielektrik adalah perbandingan antara permitivitas medium (ε)dengan permitivitas ruang hampa (ε0).

Contoh listrik statis dapat kita lihat dalam petir, pengecatan mobil, danmesin fotokopi.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun