Rabu, 16 Maret 2016


Contoh Negara Maju dan Berkembang - Kamu telah mengetahui karakteristik negara maju dan persebaran negara maju di dunia. Agar kamu memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai negara maju, berikut ini akan disajikan profil beberapa negara maju dan berkembang di dunia.




Contoh Negara Maju


1 Amerika Serikat
Amerika Serikat merupakan negara maju yang mempunyai pengaruh besar di dunia. Amerika terletak di Benua Amerika. Tepatnya di antara 24 33'LU–70 23'LU dan 112'BB–66'BB. Luas negara Amerika mencapai 9.826.630 km2.

a) Perekonomian Amerika Serikat
Amerika Serikat merupakan salah satu raksasa ekonomi di dunia. Amerika dikaruniai sumber daya alam yang melimpah dan sumber daya manusia yang unggul. Produk-produk buatan Amerika dapat dikatakan menguasai pasar dunia. Perekonomian Amerika didukung oleh perkembangan sektor industri. Sektor ini menyumbang sekitar 20,7% dari seluruh pendapatan nasional Amerika Serikat. Industri di Amerika dijalankan dalam skala yang besar. Industri di Amerika menghasilkan mobil, mesin, bahan kimia, tekstil, besi baja, tembaga, dan pesawat terbang.

Hasil industri tersebut ditujukan untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri, tetapi juga untuk pasar dunia.

Contoh Negara Maju dan Berkembang


Sektor pertanian di Amerika dijalankan dalam skala yang besar dengan menggunakan teknologi modern. Tanaman yang dihasilkan antara lain gandum, jagung, padi, kapas, buah-buahan, tembakau, dan kayu keras. Meskipun sumbangan sektor pertanian hanya 1% dari pendapatan nasional, tetapi Amerika merupakan salah satu pemasok bahan pangan terbesar di dunia. Sumbangan sektor jasa terhadap perekonomian Amerika sebesar 78,3%. Jasa yang dihasilkan misalnya, jasa keuangan, konsultan, perbankan, telekomunikasi, dan informasi.
b) Keadaan Penduduk
Jumlah penduduk Amerika pada tahun 2006 menurut data dari CIA World Factbook adalah 298.444.215 jiwa. Tingkat pertumbuhan penduduknya adalah 0,91% per tahun. Jumlah penduduk Amerika menempati urutan ke-3 di dunia. Tingkat kepadatan penduduk di Amerika sangat tinggi. Hal ini karena semakin meningkatnya perpindahan penduduk dari negara lain ke Amerika. Perekonomian Amerika yang kuat dan kebebasan bagi individu menyebabkan Amerika menjadi semacam tanah impian (dream land) bagi para pendatang.
c) Tingkat Pendidikan
Tingkat pendidikan di Amerika sangat maju dan merata. Demikian pula sistem pendidikan yang diterapkan. Dari total penduduk, 97%-nya sudah memiliki kemampuan baca dan tulis (melek huruf). Amerika memiliki universitasuniversitas yang mencetak para ahli dan ilmuwan andal. Amerika menjadi tujuan para mahasiswa dari seluruh penjuru dunia. Beberapa universitas tersebut, yaitu Universitas Harvard, Universitas Boston, Institut Teknologi Massachussets, dan Universitas Dallas.

Contoh Negara Maju


d) Kemajuan Teknologi
Pemerintah dan dunia usaha di Amerika memberi perhatian besar pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pemerintah tidak segan-segan memberikan dana yang besar untuk kegiatan penelitian dan pengembangan teknologi. Kemajuan teknologi telah meningkatkan daya saing bangsa Amerika dalam berbagai bidang, terutama dalam bidang industri dan jasa.
e) Perkembangan Budaya
Masyarakat Amerika merupakan masyarakat yang sangat heterogen yang terdiri atas berbagai suku bangsa. Oleh karena itu, kebudayaannya pun sangat beragam. Penduduk asli Amerika adalah bangsa Eskimo dan Indian. Pendatang Amerika sebagian besar berasal dari Eropa, seperti Inggris, Prancis, Belanda, dan Spanyol. Selain itu, pendatang berasal dari seluruh penjuru dunia. Budaya Amerika pada dasarnya dilandasi oleh ideologi atau paham kebebasan. Setiap individu bebas mengekspresikan sikapnya selama tidak mengganggu kepentingan orang lain. Contoh kebebasan tersebut antara lain kebebasan bersaing, menyampaikan pendapat, dan gaya hidup sehari-hari.

2 Singapura
Republik Singapura adalah sebuah negara kota di Asia Tenggara yang terletak di ujung Semenanjung Malaysia, berbatasan dengan Johor (Malaysia) dan Kepulauan Riau (Indonesia). Luas wilayah negara ini adalah 581 km2 dengan panjang 43 km dan lebar 22 km. Wilayah yang kecil dan tidak memiliki sumber daya alam bukan menjadi halangan untuk menjadi negara maju.

a) Perekonomian Singapura
Singapura memiliki pasar ekonomi yang maju dan terbuka dengan pendapatan per kapita kelima tertinggi di dunia. Pelaku ekonomi Singapura merupakan pelaku ekonomi yang paling kompetitif di dunia. Bidang ekspor, perindustrian, dan jasa merupakan sektor yang penting dalam ekonomi Singapura. Komoditas ekspor Singapura adalah barang-barang elektronik, bahan-bahan konstruksi, dan lain-lain. Komoditas impornya adalah bahan makanan, minyak bumi, dan bahan-bahan baku industri. Pemerintah Singapura menetapkan simpanan uang yang tinggi dengan memperkenalkan sistem penyimpanan uang yang wajib kepada para pekerja. Dengan sistem ini, Singapura menempati peringkat ke-18 negara terkaya di dunia. Singapura mempunyai simpanan dana cadangan sebesar US$139 miliar. Singapura juga menjadi pusat jasa keuangan dunia.

Contoh Negara Maju 2


b) Keadaan Penduduk
Singapura merupakan salah satu negara yang paling padat di dunia. Sekitar 85% dari rakyat Singapura tinggal di rumah susun dan apartemen yang disediakan oleh dewan pengembangan perumahan Singapura. Penduduk Singapura memiliki standar hidup yang tinggi. Berbagai fasilitas umum tersedia dan berstandar internasional. Mayoritas penduduk Singapura adalah etnis Tionghoa, sedangkan penduduk lain adalah etnis Melayu merupakan penduduk asli dan etnis India. Berbagai etnis ini dapat hidup berdampingan. Ini dibuktikan dengan adanya berbagai perayaan yang terdapat di Singapura, seperti tahun baru Imlek, hari Waisak, hari raya puasa, hari raya haji, Deepavali, dan natal. Perayaan hari-hari besar di Singapura tersebut merupakan daya tarik wisata.
c) Tingkat Pendidikan
Pendidikan yang unggul menjadi kunci pertumbuhan dan perkembangan masyarakat Singapura. Singapura menjadi pusat pendidikan dunia selama bertahun-tahun. Sistem pendidikan bertujuan memenuhi kebutuhan individual dan mengembangkan bakat. Sekolah-sekolah Singapura menerapkan kebijakan dua bahasa. Kurikulum pendidikan disusun untuk mengembangkan inovasi dan semangat kewiraswastaan. Sekolah di Singapura juga memiliki standar yang tinggi, terutama untuk bidang matematika dan ilmu pengetahuan.
d) Infrastruktur
Singapura merupakan salah satu negara yang memiliki jalur perhubungan terbaik di dunia, baik melalui darat, udara, maupun laut. Pelabuhan udara Changi melayani lebih dari enam puluh perusahaan penerbangan dunia. Jalur transportasi yang baik memudahkan akses ke seluruh bagian pulau. Singapura juga disebut sebagai negara yang mempunyai koneksi/hubungan paling banyak di Asia. Singapura memiliki rata-rata masukan melalui internet sebanyak 42%.




Contoh Negara Berkembang


1. Cina
Cina merupakan salah satu negara berkembang yang memiliki wilayah terluas dan jumlah penduduk terbesar di dunia. Luas wilayah Cina mencapai 9.596.961 km2. Cina terletak di Benua Asia dengan letak georgrafis antara 18' LU– 54'BT dan 73'BT–135'BT. Saat ini Cina merupakan salah satu negara berkembang yang kini mulai menjadi salah satu negara industri baru.

a) Perekonomian
Kemajuan ekonomi Cina mulai terlihat sejak negara yang semula tertutup tersebut membuka perekonomiannya dengan negara lain. Cina mulai membuka diri terhadap pihak asing yang akan melakukan investasi di Cina. Hal ini terlihat dari meningkatnya sumbangan sektor industri terhadap perekonomian Cina. Sektor industri menyumbang 53,1% dari pendapatan nasional Cina. Kegiatan industri berkembang di berbagai daerah, terutama di daerah Beijing hingga Tianjiang, Shenyang, dan Nanjiang hingga Shanghai. Perkembangan industri di Cina didukung oleh ketersediaan batu bara sebagai bahan bakar dan upah tenaga kerja yang murah. Negara Tirai Bambu ini menghasilkan mesin bubut, alat-alat pertambangan, suku cadang kendaraan bermotor, mesin, semen, dan pupuk. Cina juga mengembangkan industri perakitan elektronik, seperti komputer dan telepon genggam.

Kegiatan pertanian dan pertambangan masih memegang peran penting, yaitu menyumbang sebesar 14,4% dari pendapatan nasionalnya. Kegiatan pertanian dikembangkan di daerah yang subur, seperti lembah Sungai Huang Ho, Chang Jiang, dan Xianjiang. Hasil-hasil pertanian Cina antara lain padi, jagung, gandum, kedelai, kacang, sorgum, kapas, dan teh. Cina juga kaya bahan tambang. Jenis bahan tambang yang dimiliki Cina antara lain minyak bumi, gas alam, bijih besi, aluminium, tembaga, tungstel, dan timbel.

Contoh Negara Berkembang


b) Keadaan Penduduk
Cina merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Pada tahun 2006 jumlah penduduk Cina mencapai 1.313.973.713 jiwa. Coba kamu bandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang berjumlah 245.452.739 jiwa. Untuk mengurangi tingkat pertumbuhan penduduk, pemerintah Cina menggalakkan program keluarga berencana. Dengan berbagai upaya, pemerintah berhasil menekan pertumbuhan penduduk hingga mencapai 0,59% per tahun. Cina mengalami beberapa masalah kesehatan umum yang sedang meningkat. Masalah kesehatan yang berhubungan dengan polusi udara dan air, wabah HIVAIDS, virus SARS, dan flu burung yang sedang meluas.
c) Budaya Masyarakat
Penduduk Cina umumnya adalah ras Mongoloid dengan kulit kuning dan mata sipit. Mayoritas etnis Han menyusun hampir 93% populasi. Penduduk bangsa Han sendiri heterogen dan bisa dianggap sebagai kumpulan berbagai etnik yang menerapkan budaya dan bahasa yang sama. Bahasa yang digunakan secara luas di Cina yaitu bahasa Mandarin. Orang Cina terkenal memiliki budaya yang tinggi. Mereka telah lama mengenal tulisan, kertas, dan kompas. Orang Cina lah yang pertama kali mengenal mesiu sebagai bahan peluru senjata api. Cina juga memiliki ahli-ahli filsafat bijak seperti Konfusius. Masyarakat Cina terkenal sebagai pekerja keras dan ulet sehingga tingkat produktivitasnya tinggi. Mereka juga terkenal ahli dalam perdagangan.
d) Tingkat Pendidikan
Sebelum berdiri sebagai RRC tahun 1949, sekitar 80% penduduk Cina adalah buta huruf atau setengah buta huruf. Jumlah murid di sekolahsekolah hanya tercatat 4,76%. Kini, pendidikan di Cina sudah mulai mengalami kemajuan. Sistem pendidikan di Cina bukanlah sebuah sistem yang seimbang. Walaupun banyak sekolah di perkotaan yang sudah modern, sebagian besar sekolah-sekolah di daratan Cina berada di perdesaan. Umumnya sekolah di wilayah perdesaan itu memiliki dana yang sedikit, pengajar dan peralatan yang tidak memadai.

Contoh Negara Berkembang 2


e) Tingkat Teknologi
Sebagai negara berkembang, Cina mengalami perkembangan teknologi yang cukup pesat, meskipun belum bisa menyamai teknologi negara-negara maju. Cina sudah mulai dibicarakan pengamat sebagai the next tech superpower. Cina memberikan perhatian besar pada perkembangan teknologi informasi (TI). Beberapa tahun lalu, berbagai peralatan teknologi komunikasi informasi masih berlabel ”Invented in the USA”, sekarang di pasaran Hong Kong berbagai perlengkapan jaringan mulai sudah berlabel ”Made in China”. Selain itu, Cina juga mulai mengembangkan teknologi di bidang militer dengan membuat pesawat tempur, tank baja, dan berbagai persenjataan.




2. Mesir
Mesir merupakan negara yang memiliki peninggalan peradaban kuno yang paling maju pada zamannya, yaitu peradaban lembah Sungai Nil. Meskipun demikian, saat ini Mesir masih menjadi negara berkembang. Mesir terletak di Benua Afrika.

a) Perekonomian
Perekonomian Mesir didukung oleh kegiatan pada sektor pariwisata, kekayaan minyak bumi, pajak dari Terusan Suez, dan beberapa industri menengah. Sebagai negara yang memiliki peninggalan peradaban kuno, Mesir mengembangkan kegiatan pariwisata budaya. Tujuan wisata utama adalah piramid Giza, kuil Karnak, dan Lembah Raja. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Mesir mencapai dua juta orang setiap tahun.

Sektor pertanian masih menjadi andalan di Mesir karena menyerap 31% dari tenaga kerja. Sektor ini didukung oleh ketersediaan air irigasi yang berasal dari bendungan Aswan. Hasil produksi pertanian yang utama adalah kapas, gandum, beras, gula, susu, domba, dan ayam. Hasil produksi dari industri menengah di Mesir antara lain semen, pupuk, goni, aluminium, dan produk kapas. Kegiatan pertambangan mengandalkan hasil tambang minyak bumi, bijih besi, fosfat, garam, dan mangan. Tambang minyak banyak terdapat di lepas pantai Sinai, Terusan Suez, Depresi Qattar, dan El Amien.

b) Keadaan Penduduk
Mesir merupakan negara yang jumlah penduduknya terbesar di antara negara-negara Arab, yaitu sekitar 74 juta jiwa. Hampir sebagian besar penduduk menetap di sepanjang Sungai Nil dan daerah sekitar Terusan Suez. Hal ini karena wilayah lain berupa gurun pasir, yaitu daerah gurun pasir barat dan gurun pasir timur. Kota-kota utama di Mesir adalah Iskandariyah dan Kairo. Penduduk Mesir merupakan penduduk yang homogen, yaitu Arab dan penduduk asli kulit hitam. Kamu telah menyimak materi tentang negara maju dan negara berkembang. Apa yang dapat kamu simpulkan?

Maju tidaknya suatu negara pada dasarnya tidak didasarkan pada umur, sumber daya alam, atau ras dan warna kulit penduduknya. Ada negara yang berumur lebih dari 2.000 tahun seperti Mesir dan India, tetapi masih menjadi negara berkembang. Sebaliknya, negara yang baru berumur kurang dari 150 tahun seperti Kanada dan Selandia Baru bisa menjadi negara maju. Ketersediaan sumber daya alam juga tidak menjadi jaminan bahwa suatu negara bisa menjadi negara maju. Misalnya negara Singapura dan Jepang yang miskin sumber daya alam bisa lebih maju daripada Indonesia yang kaya sumber daya alam. Demikian pula ras dan warna kulit. Jadi, maju dan tidaknya negara bersumber dari kualitas sumber daya manusianya.






Sekian mengenai Contoh Negara Maju dan Berkembang, semoga dapat bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun