Senin, 07 Maret 2016

Daya Listrik - Pernahkah kamu perhatikan alat-alat listrik yang adadi rumahmu? Jika kamu perhatikan dengan cermat, setiapperalatan listrik tersebut selalu mencantumkan spesifikasidari alat-alat tersebut. Misalnya, pada setrika listriktercantum tulisan 220 V - 300 W. Berarti, jika diberi tegangan220 V, maka daya listrik yang dipakai oleh setrika listriktersebut adalah 300 W. Lalu, apa yang dimaksud dengandaya listrik?

Daya listrik diartikan sebagai kecepatan energi listrikuntuk berubah bentuk. Setiap peralatan listrik memiliki daya yang berbeda dan besarnya daya listrik tersebut dipengaruhioleh tegangan dan kuat arus yang mengalir. Hubungantersebut secara matematis dapat ditulis dalam persamaan:

Daya Listrik




Hubungan antara Daya dan Energi Listrik
Kita tahu bahwa besarnya energi listrik diperolehberdasarkan rumus W = V I t atau dapat ditulis:

Hubungan antara Daya dan Energi Listrik


Jadi, dapat disimpulkan bahwa daya listrik sebandingdengan energi listrik, dan berbanding terbalik dengan waktupenggunaannya.Hubungan antara daya dan energi listrik dapat dilihatdalam perhitungan besarnya energi listrik yang digunakanoleh suatu keluarga. Besarnya energi listrik yang digunakandapat dihitung dari besarnya daya suatu alat listrik, dikalikandengan lamanya waktu pemakaian. Makin besar daya darialat listrik tersebut dan makin lama waktu pemakaiannya, maka energi listrik yang terpakai akan makin besar. Olehkarena itu, untuk menghemat energi listrik, kamu harusmenggunakan peralatan listrik yang dayanya kecil danmeminimalkan waktu pemakaiannya.



Hubungan antara Satuan Watt, Joule, dan kWh
Seperti kita ketahui sebelumnya bahwa rumus dayalistrik adalah P = W/t, dengan satuan 1 watt = 1 joule/1 sekonatau 1 J = 1 Ws.Jadi, 1 joule menyatakan banyaknya energi listrik yangdihasilkan oleh daya 1 watt selama 1 sekon. Karena satuanini terlalu kecil untuk menyatakan pemakaian energi listrikdi rumah-rumah atau gedung-gedung, maka digunakansatuan yang lebih besar, yaitu kilowatt hour (kWh). Alat yangdigunakan untuk mengukurnya disebut kWh meter.Satu kWh menyatakan energi listrik yang dihasilkanoleh daya 1 kilowatt selama 1 jam.

Hubungan antara Satuan Watt, Joule, dan kWh



Sekian materi mengenai daya listrik, semoga ini dapat bermanfaat bagi semua yang membutuhkan informasi ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun