Minggu, 06 Maret 2016

Energi Listrik - Sebelum kamu mempelajari energi dan daya listrik,ayo ingat kembali hukum kekekalan energi yang berbunyi:“Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan,tetapi hanya bisa berubah bentuk dari bentuk yang satu kebentuk lainnya”. Dengan kata lain, tidak ada manusia yangdapat menciptakan atau menghilangkan energi.Berdasarkan hukum tersebut, energi hanya dapatberubah bentuk ke bentuk lainnya. Perubahan-perubahanenergi inilah yang banyak dimanfaatkan untuk kebutuhanhidup manusia. Energi listrik yang dihasilkan dari energikinetik dapat berubah bentuk menajdi energi cahaya,energi gerak, energi bunyi, dan bentuk energi lainnya yangdibutuhkan oleh manusia.

Besarnya energi listrik yang dikeluarkan sumberenergi listrik dipengaruhi oleh besarnya tegangan (V), kuatarus (I) dan waktu (t) sehingga apabila penghantar yanghambatannya R diberikan tegangan V pada ujung-ujungnya,dan arus I melaluinya, maka dalam waktu t detik, besarenergi listrik yang diperoleh dapat dirumuskan sebagaiberikut:

rumus energi listrik


W = energi listrik (Joule, J)
V = tegangan listrik (Volt, V)
I = arus listrik (Ampere, A)
R = hambatan listrik (Ohm, W)
t = waktu (sekon, s)

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak alat-alat yangmenggunakan energi listrik sebagai sumber energinya.Alat-alat ini mengubah energi listrik menjadi energi lainyang lebih praktis digunakan manusia. Perubahan tersebutdi antaranya:
1) Energi listrik menjadi energi panas, contohnya padaperalatan rumah tangga, seperti setrika, solder, komporlistrik, dan hair dryer.
2) Energi listrik menjadi energi cahaya, contohnya padalampu.
3) Energi listrik menjadi energi gerak, contohnya padakipas angin, dinamo.

energi listrik




Sekian materi mengenai energi listrik, semoga ini dapat bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun