Sabtu, 12 Maret 2016

Macam Anggota Tata Surya - Bintang, Planet, Satelit, Asteroid, Komet, Meteor, Meteroid. Benda-benda langit yang merupakan anggota tata suryaadalah bintang, planet, satelit, komet, asteroid, meteor, danmeteroid. Berikut ini akan kita bahas satu per satu.





Bintang

Bintang adalah satu-satunya anggota tata surya yangmemiliki keistimewaan mampu memancarkan cahayasendiri. Dalam tata surya ini, bintang memiliki jumlah yangtak terhingga banyaknya. Bintang yang paling dapat kitarasakan keberadaannya adalah matahari.Matahari memancarkan cahaya dan panas yangsangat berguna bagi kehidupan manusia di bumi. Mataharimerupakan bintang dan anggota tata surya yang memilikimassa paling besar. Karena massanya ini, tarikan gravitasimatahari mampu mengatur peredaran anggota tata suryayang lain dan menjadikan matahari sebagai pusat daritata surya. Peredaran benda langit mengitari matahariberlangsung dalam garis edar yang berbentuk elips.

Bintang






Planet

Planet merupakan anggota tata surya yang tidakmemancarkan cahaya sendiri, tetapi hanya memantulkancahaya matahari. Pada 2006, International Astonomical Audit(IAU) memperjelas definisi tentang planet, yaitu: “bendalangit yang memiliki orbit mengelilingi matahari, memilikimassa dan gravitasi yang cukup sehingga dapat membentukstruktur bulat, dan memiliki jalur orbit yang bersih (tidakada benda langit lain dalam orbitnya).” Berdasarkan definisiini, pluto sudah tidak termasuk planet lagi karena orbitnyatidak bersih.

Planet


Nama-nama planet yang diurutkan berdasarkanjaraknya dari matahari mulai dari yang terdekat sampaiyang terjauh adalah: Merkurius,Venus, Bumi, Mars, Jupiter,Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Karena lintasan edarnyayang elips, kedudukan planet dan matahari pada suatu saatdapat berada pada jarak terdekat (perihelium) dan pada saatlain dapat berada pada jarak yang paling jauh (aphelium).

Para ahli astronomi telah mengelompokkan delapan planetini berdasarkan hal-hal yang dianggap istimewa, yaitu:
a) Berdasarkan letaknya yang dilihat dari orbit bumi,planet dapat dibedakan menjadi planet inferior danplanet superior. Planet inferior adalah planet-planetyang terletak dalam orbit bumi, yaitu Merkurius danVenus. Sedangkan, planet superior adalah planet-planetyang letaknya berada di luar orbit bumi. Planet-planetini adalah Mars, Jupiter, dan Saturnus.
b) Berdasarkan ukuran dan komposisi bahan penyusunnya,planet dibagi menjadi dua, yaitu planet terestial danplanet jovian. Planet yang ukurannya relatif kecil,berbatu, dan permukaannya diselimuti sedikit atmosferdikelompokkan sebagai planet terestial. Tergabung dalam kelompok ini adalah Bumi, Merkurius, Venus,dan Mars. Empat planet lain, yaitu Jupiter, Saturnus,Uranus, dan Neptunus tergabung dalam planet joviankarena sebagian besar diselimuti oleh gas, cairan,bahkan es tebal, dan ukurannya pun relatif besar.
c) Berdasarkan orbit asteroid, planet dapat dikelompokkanmenjadi planet dalam dan planet luar. Planet dalamdi antaranya Merkurius, Venus, Bumi dan Mars.Sedangkan Jupiter, Saturnus, Neptunus, dan Uranustermasuk dalam planet luar.





Satelit

Satelit adalah benda langit anggota tata surya yangselalu mengiringi planet sehingga disebut sebagai pengiringplanet. Karenanya, satelit akan berevolusi bersama planetnyamengelilingi matahari. Selain gerakan ini, satelit punakan berotasi dan berevolusi mengelilingi planet yangdiiringinya.

Berdasarkan keberadaannya, satelit terbagi menjadidua jenis, yaitu satelit alami dan satelit buatan. Satelit alamiadalah satelit yang telah ada dan merupakan ciptaan Tuhansehingga dapat bergerak dengan sendirinya tanpa campurtangan manusia, contohnya bulan yang selalu kita lihat dimalam hari. Sementara, satelit buatan adalah benda langityang mengelilingi planet dan merupakan buatan manusiasehingga segala pergerakannya harus diatur oleh manusia.Tujuan dibuatnya satelit ini adalah untuk penelitian planet.Salah satu satelit buatan adalah satelit palapa yang merupakansatelit komunikasi domestik Indonesia.

Selain itu,beberapa jenis satelit berdasarkan tujuannya adalah sebagaiberikut:
a) Satelit komunikasi, berfungsi sebagai relai stasiunpemancar yang berada di angkasa. Contohnya adalahEchostar 3 yang beroperasi di sekitar Amerika dansatelit Palapa yang ada di Indonesia.
b) Satelit cuaca, berfungsi untuk memonitor cuaca dipermukaan bumi. Contoh satelit cuaca adalah TIROSyang dioperasikan oleh NOAA.
c) Satelit Pencitraan Sumber Daya Alam yang berfungsiuntuk memetakan permukaan bumi. Contohnya adalahLANDSAT dan Vanguard milik Amerika.
d) Satelit penentu posisi (Global positioning System, GPS).Satelit ini berfungsi untuk menentukan posisi garisbujur, garis lintang, dan ketinggian suatu tempat dipermukaan bumi secara akurat.

Satelit


e) Satelit penelitian yang diluncurkan pada orbit yangsesuai dengan objek penelitiannya. Contohnya adalahsatelit SOHO yang diluncurkan untuk menelitimatahari.





Asteroid

Pada pembahasan planet, tentu kamu mengenal istilahasteroid. Asteroid adalah benda angkasa yang berupapecahan kecil dan terletak pada garis edar yang berada diantara planet Mars dan Jupiter. Asteroid terbesar berdiameter770 km. Asteroid terbentuk bersamaan dengan pembentukanplanet berdasarkan susunannya. Asteroid diduga berasaldari pecahan planet yang hancur. Asteroid yang pertama kaliditeliti diberi nama ceres. Penelitian ini dilakukan pada 1801oleh seorang astronom Italia bernama Guiseppa Piazzi.

Asteroid





Komet

Komet adalah benda langit berukuran kecil yangtersusun atas sejumlah partikel-partikel kecil bebatuan,kristal, es, dan gas. Karena sering terlihat dalam bentukyang berupa cahaya memanjang menyerupai ekor, kometsering disebut juga bintang berekor. Komet terdiri atas tigabagian, yaitu bagian inti, koma, dan ekor. Inti komet tersusunatas partikel padat, yaitu es dan gas yang membeku dengandiameter sekitar 10 km, jauh lebih kecil daripada bagiankomanya yang diameternya dapat mencapai 100.000 km.Ekor komet merupakan bagian terbesar yang tersusun atasgas hasil penguapan kristal es yang ada pada bagian inti.Panjangnya bisa mencapai 100 juta km. Ekor komet selalubergerak menjauhi matahari karena susunan partikel gasnyarenggang sehingga terdorong oleh radiasi matahari. Kometyang paling sering mendekati matahari adalah komet Enche.

Hal ini terjadi karena lintasan dari komet ini merupakanlintasan terpendek daripada lintasan komet lainnya, yaituhanya 3,3 km. Komet memiliki periode kemunculan yangberagam. Komet yang paling terkenal adalah komet yangmemiliki periode kemunculan 76 tahun sekali, yaitu kometHalley. Komet ini terakhir nampak pada tahun 1986. Kometyang paling lama periode kemunculannya adalah kometKohontek. Komet ini beredar di luar planet Pluto denganperiode kemunculan setiap 75.000 tahun sekali. Komet initerakhir melintasi bumi pada tahun 1974.

Komet





Meteor dan Meteorid

Meteor adalah benda angkasa yang bergerak cepatdengan lintasan yang tak beraturan. Jika kamu pernahmendengar istilah bintang jatuh, itulah meteor yang dapatterlihat oleh manusia. Peristiwa sebenarnya yang terjadi saatmanusia melihat bintang jatuh adalah pergesekan meteordengan atmosfer bumi. Karena gesekan ini, suhu meteornaik dan terbakar hingga akhirnya menguap. Saat meteorterbakar dan mengeluarkan pijar, itulah yang dapat terlihatmanusia secara langsung. Pemandangan itu kemudianhilang seiring menguapnya meteor. Pada umumnya, meteoryang memasuki atmosfer bumi akan terbakar dan menguap.Namun, ada beberapa meteor yang berhasil memasukiatmosfer dan sampai ke permukaan bumi sebelum habisterbakar. Benda inilah yang disebut meteorid.

Meteor dan Meteorid







Sekian mengenai Macam Anggota Tata Surya, semoga ini dapat bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun