Kamis, 10 Maret 2016

Pengertian Proses dan Macam Induksi Elektromagnetik - Induksi elektromagnetik adalah proses pembuatanarus listrik dengan cara mendekatkan sumber listrik padasebuah magnet.



Proses Terjadinya Induksi Elektromagnetik
Induksi elektromgnetik pertama kali diteliti olehMichael Faraday (Inggris) dan Joseph Henry (Amerika). Dari percobaan yang dilakukan secara terpisah pada tahun1831 oleh dua ilmuwan tersebut, diperoleh kesimpulanbahwa bahwa arus listrik dapat dimunculkan dari sebuahmagnet dengan cara menggerak-gerakkan sebuah kawat pada medan magnetnya atau dengan cara memasukkan dan mengeluarkan magnet ke dalam suatu kumparan kawat.

Pengertian Proses dan Macam Induksi Elektromagnetik


Dengan menggunakan alat seperti pada Gambar 10.14,Faraday mulai melakukan percobaannya untuk mengamatiinduksi elektromagnetik. Sebelum magnet digerakkan,ia tidak melihat adanya arus yang melalui amperemeter. Kemudian ia menggerakkan magnetnya dan jarumamperemeter pun mulai bergerak. Berdasarkan peristiwa iniia menyimpulkan bahwa gerakan magnet yang dilakukantelah menghasilkan arus yang arahnya bergantung padaarah gerakan magnet.Setelah itu, Faraday menukar benda yang digerakkan.Ia mencoba menggerakkan kawat melingkar dan memegangsebuah magnet di tengah-tengah lingkaran tersebut. Padapercobaan ini pun Faraday menemukan bahwa arus kembalidiinduksi karena jarum amperemeter bergerak.

Ketika arus dihasilkan, maka saat itu akan terdapatbeda potensial atau tegangan antara ujung-ujung kumparanyang diinduksi. Tegangan yang demikian disebut dengantegangan induksi. Dalam percobaan Faraday, ia menemukanbahwa besarnya tegangan induksi ini bergantung pada tigafaktor lain, yaitu:
a) Jumlah lititan kumparan. Makin banyak lilitan kumparan,makin besar tegangan induksi yang dihasilkan.
b) Kecepatan gerakan magnet. Makin cepat gerakan magnet,makin besar pula tegangan induksi yang dihasilkan.
c) Jumlah garis gaya magnet. Makin banyak garis gayamagnet, makin besar tegangan induksi yang dihasilkan.

Jika magnet pada kumparan tersebut terus digerakkan,maka arus yang melewati kumparan akan berubah-ubaharah sesuai dengan gerakan magnetnya. Arus yang demikiandisebut dengan arus bolak-balik (AC = alternating curent).Beberapa alat yang menggunakan prinsip kerja hasilpercobaan Faraday, di antaranya adalah generator dantransformator.



Tentunya kita tidak asing lagi dengan istilah generator. Generator adalah mesin yang mengubah energi kinetikmenjadi energi listrik. Untuk mengenal bentuk nyatadari generator, akan lebih mudah jika kita mengunjungi wilayah pembangkit listrik karena di sana generator banyakdigunakan.



Transformator adalah alat yang digunakan untukmenaikkan atau menurunkan tegangan bolak-balik. Alatini terdiri dari dua buah kumparan. Arus pada salah satukumparan akan menghasilkan medan magnet yang akanmenginduksi arus pada kumparan lain. Kumparan yangpertama disebut kumparan primer, sementara kumparanyang kedua, yaitu kumparan yang menghasilkan arusinduksi disebut kumparan sekunder.Jumlah lilitan pada kumparan primer dan sekundersuatu transformator dapat berbeda atau sama. 
a. Jenis-Jenis Transformator
Berdasarkan fungsinya, transformator dikelompokkanmenjadi dua, yaitu transformator step-up dan transformatorstep-down.
b. Efisiensi Transformator
Ketika kita menggunakan transformator, kita akan merasakan panas di sekitar transformator tersebut.  Nah tapi ini dapat di efisiensikan.




Sekian materi mengenai Pengertian Proses dan macam Induksi Elektromagnetik, semoga ini dapat bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun