Selasa, 15 Maret 2016


Persebaran Wilayah Negara Maju dan Berkembang - Di dunia ini terdapat lebih dari dua ratus negara yang tersebar di belahan bumi utara dan selatan. Negara-negara maju tersebar di wilayah Amerika Utara, Eropa Barat, Australia, dan sebagian kecil Benua Asia. Negara-negara maju juga disebut First World Countries (Negara Dunia Pertama). Untuk mengetahui persebaran wilayah negara-negara maju, perhatikan bagian peta yang diarsir berikut ini.






Persebaran Wilayah Negara Maju dan Berkembang


Organisasi dunia seperti Bank Dunia, IMF, dan CIA mengelompokkan negara-negara berikut menjadi negara maju.
Anggota Uni Eropa
Austria Belgia Denmark Finlandia Prancis Jerman Yunani Irlandia Italia Luksemburg Belanda Spanyol Swedia Inggris
Negara Non-Uni Eropa
Andorra Islandia Liechtenstein Norwegia San Marino Swiss Vatikan
Negara Bukan Eropa
Australia Kanada Korea Selatan Hong Kong Israel Jepang Selandia Baru Singapura Taiwan Amerika Serikat


Sebelumnya mengenai Ciri Negara Maju dan Berkembang ini mungkin dapat membantu.


Melalui peta persebaran negara maju di depan, kamu bisa melihat persebaran negara-negara berkembang di dunia, yaitu daerah-daerah pada peta yang tidak diarsir. Negara berkembang sebagian besar tersebar di Benua Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Apabila dilihat dari persebaran wilayahnya, terlihat bahwa sebagian besar negara maju berada di belahan bumi Utara sedangkan negara berkembang tersebar di belahan bumi Selatan. Dilihat dari latar belakang sejarah, negara-negara di kawasan Selatan merupakan negara bekas jajahan.

Tidak semua negara berkembang tersebut memiliki pendapatan per kapita yang rendah (low income countries). Ada sebagian negara berkembang yang berpenghasilan menengah (middle income countries). Negara yang berpendapatan menengah ini merupakan kelompok negara industri baru menekankan pembangunan sektor industri. Contoh negara industri baru adalah Argentina, Brasil, Cina, dan Meksiko.




Sekian mengenai Persebaran Wilayah Negara Maju dan Berkembang, semoga ini dapat bermanfaat bagi semua yang membutuhkan informasi ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun