Senin, 07 Maret 2016

Rangkuan Energi dan Daya Listrik


Peralatan listrik yang digunakan untuk berbagaikeperluan akan mengurangi jumlah energi yang tersediakarena energi listrik berubah menjadi bentuk energi yanglain. Besarnya energi listrik yang berubah tersebut ditentukanoleh besarnya daya dari alat listrik yang digunakan. Apakahyang dimaksud dengan energi listrik dan daya listrik? Apahubungan keduanya? Bagaimanakah penerapannya dalamkehidupan sehari-hari? Kamu akan menemukan jawabannyasetelah mempelajari bab ini.

Setelah mempelajari bab ini, diharapkan kamu dapatmendeskripsikan pengertian energi dan daya listrik,mendeskripsikan hubungan energi dengan daya listrik,serta menghitung besarnya energi listrik yang digunakandan biaya yang harus dibayarkan.

Rangkuan Energi dan Daya Listrik


Dalam kehidupan sehari-hari, kamu dapat melihatbetapa pentingnya listrik untuk kehidupanmu. Misalnya,kamu dapat belajar di malam hari dengan bantuan cahayadari lampu, ibu dapat membuat kue dengan bantuan alatalatlistrik, dan sebagainya.Sekarang, coba kamu cermati uraian berikut ini agarkamu dapat memahami hubungan antara energi dan dayalistrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.


Energi listrik yang dihasilkan dari energi kinetik dapat berubah bentukmenjadi energi cahaya, energi panas, energi bunyi, dan bentuk energilainnya.

Energi listrik yang diperoleh dirumuskan sebagai berikut:
W = V I t atau W = I2 R t

Daya listrik adalah kecepatan energi listrik untuk berubah bentuk,dirumuskan dengan:
P = V I atau P = I R

Nilai 1 joule menyatakan banyaknya energi listrik yang dihasilkanoleh daya 1 watt selama 1 sekon.

Nilai 1 kWh menyatakan energi listrik yang dihasilkan oleh daya 1kilowatt selama 1 jam.

kWh meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur banyaknyaenergi listrik yang dipakai.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun