Senin, 14 Maret 2016

Rangkumna Tata Surya




Coba kamu perhatikan langit di malam hari yang cerah!Indah, bukan? Kamu akan melihat bintang berkelipan.Bintang merupakan anggota tata surya. Apa yang dimaksuddengan tata surya? Apa saja yang termasuk anggota tatasurya? Apakah bumi merupakan anggota tata surya?Peristiwa apa saja yang terjadi di lapisan bumi? Ayo cermatiuraian pada bab ini agar kamu dapat menemukan jawabandari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Setelah mempelajari bab ini, diharapkan kamu dapatmendeskripsikan pengertian tata surya dan susunannya,mendeskripsikan planet-planet anggota tata surya, mendeskripsikangerak edar bumi, bulan, dan satelit buatan besertapengaruh interaksinya, serta mendeskripsikan peristiwaperistiwayang terjadi di lapisan litosfer dan atmosfer.

Rangkumna Tata Surya


Saat kita menengadahkan pandangan, kita melihatbentangan warna biru yang tak jarang dihiasi gumpalangumpalanberwarna putih. Waktu yang bergulir punmenggeser keindahan biru pada tenangnya lembayung disore hari. Waktu tak berhenti hingga warnanya menjadimenghitam. Namun, keindahannya tak jua pudar. Saatwarnanya hitam, muncul kelap-kelip dan bulatan kecil yangseolah menerangi. Ya, itulah bentangan langit yang tak akankita temukan ujungnya, ditemani matahari di siang hari,dan bertaburkan bintang serta sebuah bulan di malam hari.Begitulah warna itu silih berganti menghiasi hari.

Seiring dengan perkembangan kemampuan manusia,serangkaian penelitian terus dikembangkan untuk mengetahuiapa saja yang ada di luar bumi dan bagaimana pengaturanyang ada di dalamnya. Dengan akal dan pikiran yang cerdas,manusia menemukan bahwa selain matahari, bulan, danbintang, terdapat benda-benda lain seperti komet, meteor,asteroid, serta planet selain bumi yang teratur dan tersusundengan baik.Susunan benda-benda langit yang terdiri dari matahari,planet-planet yang berputar mengelilingi matahari, komet,dan asteroid, serta benda-benda langit lainnya disebut tatasurya.


Tata surya adalah susunan benda-benda langit yang terdiri dari matahari,planet-planet yang berputar mengelilingi matahari, komet, dan asterioid,serta benda-benda langit lainnya.

Bintang adalah anggota tata surya yang mampu memancarkan cahayasendiri.

Nama-nama planet anggota tata surya adalah Merkurius, Venus, Bumi,Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Satelit adalah benda langit anggota tata surya yang selalu mengiringi planetsehingga disebut sebagai pengiring planet.

Asteroid adalah benda angkasa yang berupa pecahan kecil dan terletak pada garis edar yang berada di antara planet Mars dan Jupiter.

Komet adalah benda langin berukuran kecil yang tersusun atas sejumlah partikel-partikel kecil bebatuan, kristal, es, dan gas.

Meteor adalah benda angkasa yang bergerak cepat dengan lintasan yangtak beraturan.

Besarnya energi matahari yang berasal dari reaksi fusi dapat dihitung denganrumus:

Besarnya energi matahari



Spektrum matahari adalah gelombang elektromagnetik yang dipancarkanoleh matahari.

Batu-batuan di bumi dapat dikelompokkan menjadi batuan beku, batuansedimen, dan batuan metamorf.

Pelapukan adalah perubahan yang terjadi pada batuan akibat adanya kontakatau interaksi dengan atmosfer, hidrosfer, maupun biosfer.

Pengaruh dari rotasi bumi adalah adanya pergantian siang dan malam,terjadinya gerak semu matahari, dan perbedaan waktu.

Peristiwa yang merupakan pengaruh dari revolusi bumi adalah pergantianmusim, perubahan lamanya siang dan malam, dan gerak semu matahari.

Dampak negatif dari perkembangan teknologi terhadap lingkungan adalahkebocoran lapisan ozon, hujan asam, dan efek rumah kaca.

Satu bulan sideris adalah waktu yang dilalui oleh bulan untuk berevolusimengelilingi bumi, yaitu selama 27,33 hari perhitungan bumi.

Satu bulan sinodis atau komariah adalah waktu yang diperlukan bulan untukberedar dari keadaan bulan baru dan kembali ke keadaan bulan baru lagi,yaitu 29,5 hari.

Gerhana bulan adalah situasi terhalangnya sinar matahari yang menujubulan oleh bumi.

Gerhana matahari adalah situasi terhalangnya sinar matahari menuju bumioleh bulan.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun