Sabtu, 30 April 2016

Fungsi Samudra - Adalah Samudra memiliki fungsi yang besar bagi kehidupan. Samudra memiliki peranan yang besar dalam proses siklus hidrologi. Salah satu komponen siklus hidrologi adalah evaporasi. Evaporasi terbesar berasal dari samudra. Ketersediaan air tawar di bumi ini sangat dipengaruhi oleh samudra. Apabila tidak ada samudra maka tidak akan terjadi hujan dan tidak ada air tawar di dunia ini. Dengan demikian, tidak akan ada kehidupan di dunia ini. Samudra merupakan penghubung antara daratan yang satu dengan lainnya.

Sebagai jalur pelayaran samudra sangat berperan penting dalam bidang ekonomi. Arus barang dan jasa dapat dilakukan melalui jalur laut. Selain itu, di dalam laut maupun samudra terdapat sumber bahan tambang yang sangat besar nilainya dan dibutuhkan oleh orang banyak, yaitu minyak bumi. Minyak bumi banyak yang ditambang di daerah lepas pantai.


Fungsi Samudra



Minyak bumi merupakan sumber tenaga yang penting sebagai bahan utama untuk minyak tanah, bensin, solar, dan benson. Bahan bakar ini dipergunakan untuk menggerakkan berbagai jenis kendaraan dan mesin-mesin lainnya.


Mungkin Mengenai Karakteristik Samudra di Dunia ini dapat membantu


Samudra memiliki kandungan berbagai jenis flora dan fauna yang jumlahnya tidak terkira. Dari dahulu hingga sekarang samudra merupakan sumber penghidupan bagi banyak orang. Ikan laut merupakan sumber makanan dan penghasilan bagi para nelayan. Di daerah pantai dikembangkan budi daya rumput laut yang menjadi mata pencaharian utama bagi penduduk di sekitarnya. Budi daya pertanian laut lainnya adalah budi daya kerang dan mutiara. Keindahan laut merupakan potensi alam yang dikembangkan sebagai objek wisata. Keindahan panorama pantai senantiasa menarik perhatian orang untuk mengunjunginya. Selain itu, panorama dasar laut juga menjadi objek wisata tersendiri bagi banyak orang. Keindahan panorama dasar laut ini banyak dikembangkan di berbagai negara.

Demikian halnya di Indonesia terdapat taman laut yang sangat terkenal, yaitu Taman Laut Bunaken. Oleh karena itu, samudra harus dijaga kelestariannya supaya potensi yang ada dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan.



Sekian mengenai Fungsi Samudra, semoga dapat bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun