Kamis, 28 April 2016

Karakteristik Benua Asia Afrika Eropa Amerika Antartika Australia - Bumi merupakan satu-satunya planet yang ditempati makhluk hidup. Bumi terdiri atas dua bagian utama, yaitu daratan dan lautan. Selain itu, bumi juga terbagi atas belahan bumi utara dan selatan serta belahan bumi barat dan timur.

Perbedaan letak lintang berpengaruh pada keadaan alamnya. Setiap benua memiliki karakteristik alam yang berbeda-beda. Hal itu berpengaruh pada karakteristik penduduknya. Karakteristik bentang alam dan penduduk dari tiap-tiap benua dapat kamu pelajari dari penjelasan berikut.


1) Bentang Alam
Benua Asia merupakan benua terluas di permukaan bumi. Luas Benua Asia sekitar 43.998.920 km2. Luas ini hampir sama dengan 4 1/2 kali luas Benua Eropa atau 22 kali luas Indonesia. Negara yang paling luas di Asia adalah Cina (9.596.961 km2) dan yang terkecil adalah Singapura (683 km2).
2) Penduduk
Benua Asia memiliki jumlah penduduk yang sangat besar. Penduduk terbesar di dunia terdapat di Benua Asia, yaitu di negara Cina. Penduduk Asia terdiri atas berbagai suku bangsa.


Karakteristik Benua Asia Afrika Eropa Amerika Antartika Australia




1) Bentang Alam
Benua Afrika adalah benua terbesar ketiga yang ada di belahan selatan bumi. Luasnya sekitar 30.244.050 km2. Luas ini meliputi kira-kira seperlima dari permukaan bumi. Benua Afrika dengan Eropa dipisahkan oleh Selat Gibraltar, Laut Tengah, dan Laut Merah.
2) Penduduk
Jumlah penduduk yang mendiami Afrika diperkirakan lebih dari 800 juta. Jumlah ini menempatkannya pada posisi kedua dalam jumlah penduduk setelah Asia. Penduduk Afrika identik dengan bangsa Negro yang berkulit hitam. Penduduk asli Afrika digolongkan sebagai berikut.
a) Ras Negroid
b) Ras Kaukasoid-Hamit
c) Orang Kerdil (Etnik Khusus)



1) Bentang Alam
Benua Eropa memiliki luas sekitar 9.699.550 km2. Bentang alam Eropa cukup bervariasi. Kenampakan alamnya memberikan panorama yang indah. Secara garis besar bentang alamnya dibedakan menjadi dataran tinggi bagian barat laut, dataran rendah bagian tengah, dataran tinggi bagian tengah, dan daerah Pegunungan Alpen.

2) Penduduk
Persebaran penduduk Eropa cukup merata di tiap negara. Sebagian besar penduduk tinggal di daerah perkotaan.



1) Bentang Alam
Wilayah Amerika Utara merupakan wilayah yang berupa pulau dan kepulauan. Sebagian besar wilayahnya berupa dataran tinggi dan plato, misalnya Dataran Tinggi Laurentia dan Plato Yukon. Dataran Tinggi Laurentia sangat luas sehingga disebut Perisai Kanada yang membentang di wilayah timur laut Kanada. Wilayah tersebut kaya endapan besi, nikel, tembaga, dan logam.

2) Penduduk
Penduduk Amerika Utara terdiri atas berbagai macam suku bangsa. Di Amerika Utara terdapat tiga suku utama, yaitu orang kulit putih, Mestizo, dan kulit hitam.



Karakteristik Benua Amerika Selatan
1) Bentang Alam
Jika kamu melihat peta, terlihat di sebelah timur Amerika Selatan berupa deretan pegunungan. Pegunungan Andes membentang dari ujung utara Venezuela dan Kolombia sampai ujung selatan Argentina dan Cile.
2) Penduduk
Di Amerika Selatan bangsa Indian menempati sepanjang Pegunungan Andes dan Brasilia. Penduduk pendatang Amerika berasal dari Afrika, Inggris, dan Prancis.



1) Bentang Alam
Benua Antartika merupakan benua yang ditemukan terakhir. Pada tahun 1773 Kapten James Cook yang berasal dari Inggris merupakan orang pertama yang melewati lingkaran Antartika. Benua Antartika baru ditemukan pada tahun 1820.
2) Penduduk
Di Antartika tidak ada penduduk yang tinggal menetap di sana. Hal itu disebabkan kondisi alam yang tidak memungkinkan. Walaupun demikian, Antartika sering dikunjungi orang terutama oleh para peneliti.



1) Bentang Alam
Benua Australia merupakan benua terkecil. Luas Benua Australia adalah 7.682.300 km2. Wilayah ini dikelilingi oleh Samudra Hindia di sebelah selatan dan barat serta Samudra Pasifik di sebelah timur. Australia berbatasan dengan wilayah Indonesia dan dipisahkan oleh Laut Timor.
2) Penduduk
Penduduk asli Australia adalah suku Aborigin. Ciri-ciri penduduk Aborigin adalah berkulit hitam, rambut keriting, bibir tebal, dan kelopak mata lurus.



Sekian mengenai Karakteristik Benua Asia Afrika Eropa Amerika Antartika Australia, semoga bermanfaat,

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun