Selasa, 05 April 2016

Manfaat Perdagangan Internasional - Perdagangan internasional membawa manfaat bagi suatu negara. Apa sajakah manfaat dari perdagangan internasional? Beberapa manfaat yang diperoleh suatu negara dalam melakukan perdagangan internasional sebagai berikut.

a. Memenuhi Kebutuhan Dalam Negeri
Setiap negara memiliki kebutuhan sendiri-sendiri dan jumlahnya beragam. Akan tetapi, tidak semua kebutuhan bisa terpenuhi. Hal ini diakibatkan tidak semua barang dapat diproduksi di dalam negeri. Untuk memenuhi kebutuhan, negara menjalin hubungan dagang dengan negara lain.
b. Memperluas Pasar
Perdagangan internasional merupakan sarana untuk memasarkan barang dan jasa hasil produksi. Setiap hari industri dalam negeri menghasilkan barang dan jasa dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, industri dalam negeri akan memasarkan produknya ke pasar lokal dan luar negeri demi menjaga kelangsungan usaha. Semakin luas pasarnya, keuntungan yang diperoleh semakin besar.
c. Mendapatkan Keuntungan dari Spesialisasi
Perdagangan internasional terjadi akibat kemampuan produksi suatu negara tidak sama. Ketika negara memiliki keunggulan memproduksi suatu barang, negara akan mengkhususkan memproduksi barang tersebut. Tindakan spesialisasi produksi akan memberikan keuntungan besar bagi negara.


Manfaat Perdagangan Internasional



d. Mentransfer Teknologi Modern
Perdagangan internasional memungkinkan suatu negara mempelajari teknik produksi yang efisien. Bahkan, adanya perdagangan internasional mendorong suatu negara mengimpor teknik produksi yang lebih baik dari negara lain. Akibatnya, tingkat produktivitas di dalam negeri semakin meningkat.
e. Menambah Cadangan Devisa
Kegiatan ekspor yang dilakukan suatu negara akan mendatangkan devisa. Selama ini, devisa juga dijadikan sumber penerimaan negara. Semakin besar produk yang diekspor, semakin banyak devisa yang diperoleh negara.



Sekian mengenai Manfaat Perdagangan Internasional. semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun