Minggu, 03 April 2016

Pengertian Bank dan Bank Sentral



Pernahkah kamu mengunjungi sebuah bank? Apa yang kamu lakukan di sana? Dalam kegiatan perekonomian modern seperti sekarang ini sudah sepantasnya jika masyarakat memanfaatkan salah satu lembaga perekonomian ini. Bahkan pemerintah bersama Bank Indonesia saat ini melaksanakan program ”Ayo ke Bank” untuk mendorong masyarakat menggunakan jasa perbankan.



Pengertian Bank
Bank saat ini dikenal sebagai tempat untuk menabung dan meminjam uang. Bank juga dikenal sebagai tempat untuk menukar dan memindahkan uang. Tidak hanya itu, bank juga melayani berbagai bentuk pembayaran dan setoran, seperti pembayaran listrik, telepon, air, pajak, kredit, dan uang kuliah. Bank merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan. Kegiatan perbankan yang utama adalah menghimpun dana dari masyarakat. Masyarakat mau menyimpan uangnya di bank karena ada balas jasa berupa bunga, hadiah, bagi hasil, dan pelayanan. Setelah memperoleh dana dalam bentuk simpanan (funding), oleh bank dana tersebut harus diputar kembali kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman (lending). Keuntungan dari usaha perbankan diperoleh dari selisih bunga simpanan yang diberikan dengan bunga pinjaman atau kredit yang disalurkan.



Bank Sentral
Bank sentral merupakan bank yang paling utama dan paling penting. Di tiap negara hanya memiliki satu bank sentral yang cabangnya menyebar di seluruh provinsi. Bank sentral bertugas mengatur masalah-masalah yang berhubungan dengan keuangan negara secara luas. Di Indonesia kedudukan bank sentral dipegang oleh Bank Indonesia. Bank Indonesia bertugas mengatur dan mengoordinasi, mengawasi, serta memberi tindakan terhadap bank-bank di Indonesia.

Pengertian Bank dan Bank Sentral




Sekian mengenai Pengertian Bank dan Bank Sentral. semoga dapat bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun