Minggu, 24 April 2016

Posisi Benua dan Samudra - Bumi tempat kita tinggal ini terdiri atas daratan dan lautan yang sangat luas. Daratan yang sangat luas disebut benua, lautan yang sangat luas disebut samudra. Samudra menempati sekitar 75% dari seluruh muka bumi. Benua dan samudra terbentuk melalui proses yang sangat lama. Bagaimanakah benua dan samudra terbentuk?



Posisi Benua dan Samudra

Secara umum dikenal ada tujuh benua. Ketujuh benua tersebut dari yang terbesar adalah Benua Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, Eropa, dan Australia. Kadang ada yang menggabungkan Asia dan Eropa menjadi satu benua, yaitu Benua Eurasia. Ada pula yang menggabungkan Benua Amerika Utara dan Amerika Selatan menjadi satu benua, yaitu Benua Amerika. Sekitar dua pertiga benua-benua di bumi ini terletak di sebelah utara garis ekuator. Sementara itu, samudra yang ada di bumi ini ada lima, yaitu Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Samudra Arktik, Samudra Hindia, dan Samudra Selatan.


Mungkin mengenai Proses Pembentukan Benua ini dapat membantu.


Kamu tentu telah mengetahui bahwa sebagian besar permukaan bumi ini terdiri atas air. Sebagian besar air tersebut berupa samudra yang mengelilingi daratan-daratan yang disebut benua. Benua dan samudra menghiasi permukaan bumi. Setiap benua dan samudra memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Bagaimanakah posisi benua dan samudra yang ada di permukaan bumi ini? Untuk mengetahuinya perhatikanlah peta di bawah ini.

Posisi Benua dan Samudra



Dari peta tersebut terlihat persebaran antara benua dan samudra yang ada di permukaan bumi. Dari peta terlihat bahwa benua yang terbesar adalah Benua Asia dan benua yang terkecil adalah Benua Australia. Benua Asia terhubung dengan Benua Eropa. Antara Benua Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Afrika dipisahkan oleh Samudra Atlantik. Samudra Hindia memisahkan Benua Asia, Australia, dan Afrika. Samudra yang paling luas adalah Samudra Pasifik yang memisahkan Benua Amerika Utara, Amerika Selatan, Asia, dan Australia.

Dari peta di atas kamu juga dapat mengidentifikasi letak dan posisi geografi dari tiap-tiap benua dan samudra. Letak dan posisi geografi berpengaruh pada keadaan alam dan penduduknya. Letak dan posisi geografi dari tiap benua dapat kamu baca pada tabel berikut ini.

Posisi Benua dan Samudra 2




Sekian mengenai Posisi Benua dan Samudra, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun