Jumat, 08 April 2016

Uang, Lembaga Keuangan dan Perdagangan Internasional



Beberapa anggota masyarakat sedang menabung di bank. Bagaimana denganmu? Sudahkah kamu menyisihkan uang untuk ditabung? Di manakah kamu menabung? Daripada ditaruh di celengan atau di bawah kasur, lebih baik kamu menyimpan uangmu di bank. Pasti lebih aman dan menguntungkan. Ada beberapa fasilitas yang dapat kamu manfaatkan. Kamu akan menemukan manfaat bank dan lembaga keuangan dalam pembelajaran berikut ini.

Uang, Lembaga Keuangan dan Perdagangan Internasional


1. Uang merupakan segala sesuatu yang diterima oleh masyarakat sebagai alat perantara dalam melakukan tukar-menukar atau perdagangan.

2. Uang berfungsi sebagai alat tukar-menukar, satuan hitung, alat pembayaran yang sah, alat penyimpanan kekayaan, dan standar pembayaran utang.

3. Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

4. Kegiatan bank meliputi:
a. menghimpun dana dari masyarakat,
b. menyalurkan dana kepada masyarakat, dan
c. melayani jasa perbankan yang lain.

5. Lembaga keuangan bukan bank antara lain Pegadaian, perusahaan sewa guna, koperasi simpan pinjam, perusahaan asuransi, dana pensiun, pasar modal, pasar uang, dan pasar valuta asing.

6. Faktor pendorong perdagangan internasional di antaranya perbedaan kemampuan produksi, kondisi geografis, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kesamaan selera atas suatu barang.

7. Manfaat perdagangan internasional antara lain memenuhi kebutuhan dalam negeri, memperluas pasar, mendapatkan keuntungan dari spesialisasi, mentransfer teknologi modern, serta menambah cadangan devisa.

8. Hambatan dalam perdagangan internasional berupa tarif, kuota, larangan ekspor dan impor, pengendalian devisa, hambatan nontarif, subsidi, dan diskriminasi harga.

9. Devisa merupakan aset atau kewajiban keuangan yang dipakai dalam perdagangan internasional. Devisa berupa valuta asing, surat-surat wesel luar negeri, dan surat-surat berharga. Devisa berfungsi sebagai media dalam transaksi internasional, cadangan kekayaan negara, sumber penerimaan negara, serta sumber dana pembangunan nasional.

10. Dampak positif perdagangan internasional antara lain memenuhi kebutuhan masyarakat dalam negeri, meningkatkan devisa negara, mendapatkan barang berkualitas, memperbaiki teknologi produksi, menjalin kerja sama antarnegara, serta meningkatkan jasa pariwisata.

11. Dampak negatif perdagangan internasional antara lain menghambat pertumbuhan industri dalam negeri, menimbulkan ketergantungan terhadap negara maju, munculnya sifat konsumerisme, mempengaruhi neraca pembayaran, menyebabkan sektor keuangan tidak stabil, serta memperburuk prospek pertumbuhan ekonomi negara.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun