Jumat, 03 Juni 2016

Faktor Pendorong dan Hambatan Kerja Sama Ekonomi Internasional - adalah mari saja kita langsung bahas bersama sama dengan materi dibawah ini.




Faktor-Faktor Pendorong Kerja Sama Ekonomi

Mengapa suatu negara melakukan kerja sama dengan negara lain? Beberapa faktor yang mendorong kerja sama ekonomi antarnegara sebagai berikut.

a. Terbatasnya Kemampuan Negara dalam Memproduksi Barang dan Jasa
Jenis barang dan jasa yang dibutuhkan penduduk suatu negara sangat beragam. Terutama negara yang jumlah penduduknya besar seperti Indonesia. Di sisi lain, kemampuan untuk memenuhi semua kebutuhan itu terbatas. Penyebabnya antara lain tidak memiliki sumber daya alam atau teknologi. Untuk mengatasinya, negara tersebut melakukan perdagangan dengan negara lain.
b. Perbedaan Sumber Daya Alam, Iklim, dan Sosial Budaya
Faktor-faktor alami yang dimiliki tiap-tiap negara tidaklah sama. Contohnya, sumber daya alam, iklim, dan keadaan sosial budaya di Indonesia berbeda dengan Jepang. Indonesia bisa menghasilkan kayu tropis yang berdiameter tebal, sedangkan Jepang tidak. Masyarakat Jepang yang membutuhkan kayu untuk bahan bangunan bisa membeli dari Indonesia. Hal ini akan mendorong kerja sama antara dua negara tersebut.
c. Tuntutan Era Globalisasi
Terjadinya era globalisasi menyebabkan tidak ada satu negara di dunia yang dapat hidup sendiri. Tiap-tiap negara saling terintegrasi satu sama lain. Kemajuan teknologi menyebabkan batas-batas negara seolah menjadi kabur. Globalisasi harus dimanfaatkan sebagai peluang untuk meningkatkan kesejahteraan melalui kerja sama ekonomi.
d. Keinginan Membuka Kerja Sama, Hubungan Politik, dan Dukungan dari Negara Lain
Selain keuntungan yang bersifat ekonomi, kerja sama didasari faktor nonekonomi. Setiap negara yang berdaulat pasti ingin membuka kerja sama, hubungan politik, dan dukungan negara lain.
e. Keinginan Memperoleh Keuntungan dan Meningkatkan Pendapatan Negara
Setiap kerja sama ekonomi yang dijalankan Indonesia pada dasarnya dilandasi keinginan untuk memperoleh keuntungan. Bentuk keuntungan misalnya pemasukan devisa negara dari kegiatan ekspor. Indonesia tengah menggalakkan ekspor komoditas nonmigas, misalnya barang-barang kerajinan. Selain devisa, keuntungan dalam kerja sama juga berupa transfer teknologi dan keahlian dari negara maju.


Faktor Pendorong dan Hambatan Kerja Sama Ekonomi





Hambatan dalam Kerja Sama Ekonomi

Beberapa hambatan dalam kerja sama ekonomi antarnegara sebagai berikut.
a. Ideologi Negara Berbeda
Perbedaan ideologi dapat menghambat kerja sama ekonomi antarnegara. Misalnya, Cina yang berideologi komunis pernah menutup diri untuk bekerja sama dengan negara lain. Saat ini Cina menjadi negara yang terbuka. Faktanya, saat ini hampir tidak ada negara yang menutup diri dari kerja sama ekonomi antarnegara.
b. Konflik dan Peperangan
Kondisi politik dan keamanan suatu negara tidaklah sama. Ada yang kondisinya stabil, tetapi ada yang sedang goyah akibat konflik di dalam negeri atau peperangan. Kondisi ini akan menghambat kerja sama ekonomi antarnegara di dunia.
c. Kebijakan Perdagangan yang Merugikan Negara Lain
Dalam kegiatan ekspor impor, suatu negara sering menerapkan kebijakan yang bertujuan melindungi industri dalam negeri
dan meningkatkan daya saing. Dampak kebijakan ini juga dapat mempengaruhi hubungan antarnegara sehingga menghambat kerja sama ekonomi.
d. Perbedaan Kepentingan Tiap-Tiap Negara
Kerja sama dibutuhkan bagi perkembangan dan masa depan negara di dunia. Akan tetapi, dalam kerja sama antarnegara tiaptiap negara memiliki kepentingan yang berbeda. Perbedaan ini dapat menghambat kerja sama yang harmonis.



Sekian mengenai Faktor Pendorong dan Hambatan Kerja Sama Ekonomi, semoga dapat bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun