Kamis, 24 November 2016

Organ pada Tumbuhan - Organ tumbuhan dibentuk oleh beberapa jaringan yang bergabung menjadi suatu sistem jaringan. Organ pokok tumbuhan ada tiga, yaitu akar, batang, dan daun. Pada tumbuhan biji atau berbunga, terdapat bunga sebagai alat perkembangbiakannya.



Akar

Akar merupakan bagian tubuh tumbuhan yang berada di dalam tanah. Tetapi, ada juga tumbuhan yang memiliki akar yang tumbuh di udara. Bentuk dan struktur akar sangat beragam. Hal ini berkaitan dengan fungsi akar sebagai penyimpan cadangan makanan, akar sukulen, akar rambut, dan akar napas.



Batang

Batang merupakan bagian tumbuhan yang berada di permukaan tanah yang meliputi batang, cabang, dan ranting. Batang memiliki fungsi sebagai sarana lintasan air dan mineral serta tempat melekatnya daun.

a. Batang Dikotil
Batang dikotil berasal dari meristem apikal ujung batang yang selalu membelah. Hal ini menyebabkan batang selalu tubuh memanjang, bagian ini disebut titik tumbuh.
b. Batang Monokotil
Tumbuhan monokotil memiliki anatomi batang yang sangat berbeda dengan tumbuhan dikotil. Pada batang monokotil terdapat epidermis yang memiliki dinding sel yang tebal.


Daun

Daun merupakan organ tumbuhan yang berfungsi untuk fotosintesis. Hal ini disebabkan karena daun memiliki zat hijau daun (klorofil) yang bisa menyerap sinar matahari. Daun merupakan organ tumbuhan yang paling bervariasi dilihat secara morfologis dan anatomi. 

a. Epidermis
Epidermis merupakan lapisan terluar yang menutup permukaan dan bawah daun.
b. Mesofil
Mesofil disebut juga jaringan dasar, terletak di antara epidermis atas dan bawah.
c. Jaringan Pembuluh
Jaringan pembuluh atau pengangkut daun terdapat pada tulang daun.



Bunga

Bunga merupakan alat perkembangbiakan pada tumbuhan Angiospermae. Bunga merupakan alat perkembangbiakan karena di dalam bunga terdapat alat-alat reproduksi, seperti benang sari, putik, dan kandung lembaga. Pada dasarnya, anatomi bunga tumbuhan monokotil dan dikotil adalah sama, yaitu kelopak bunga (kaliks), mahkota bunga (corolla), benang sari (stamen), putik, dan lembaga (ovarium).

Organ pada Tumbuhan


Kelopak bunga adalah bagian bunga terluar, terletak pada dasar bunga. Kelopak ini berwarna hijau dan merupakan modifikasi dari daun. Bagian atau lembaran kelopak bunga disebut juga daun kelopak (sepal). Mahkota bunga terletak di sebelah dalam atau di atas kelopak bunga. Lembaran mahkota disebut juga daun mahkota (petal). Mahkota dan kelopak bunga sering disebut perhiasan bunga. Ukuran mahkota biasanya besar dan berwarna-warni. Tumbuhan dikotil umumnya empat atau lima helai. Sedangkan, pada tumbuhan monokotil tiga atau enam helai.

Di dalam mahkota terdapat benang sari dan putik. Benang sari merupakan serbuk sari yang merupakan gamet jantan pada tumbuhan. Benang sari terletak di tengah mahkota, memiliki bagian-bagian, yaitu tangkai (filamen), kepala sari, dan serbuk sari (polen). Sedangkan, putik terletak di pusat bunga. Lembaran penyusun putik disebut karpel. Setiap karpel memiliki ovarium yang menghasilkan satu sel telur. Ovarium berhubungan dengan putik yang terdiri atas tangkai putik (stilus) yang mendukung kepala putik (stigma). Stigma merupakan tempat melekatnya serbuk sari saat penyerbukan.





Sekian mengenai Organ pada Tumbuhan, semoga ini dapat bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun