Selasa, 15 November 2016

Rangkuman Sistem dan Gangguan Pernapasan Manusia - Hidung merupakan salah satu alat pernapasan. Melalui hidung, udara dapat keluar atau masuk ke dalam tubuh. Selain hidung, apalagi yang termasuk alat-alat pernapasan pada manusia? Apa fungsi dari alat-alat tersebut? Kelainan atau penyakit apa saja yang dapat mengganggu sistem pernapasan manusia? Ayo temukan jawabannya dengan mempelajari bab ini.

Setelah mempelajari bab ini, diharapkan kamu dapat mendeskripsikan alat-alat pernapasan manusia dan fungsinya, mendeskripsikan mekanisme pernapasan manusia, serta mendeskripsikan kelainan atau penyakit pada sistem pernapasan manusia.

Rangkuman Sistem dan Gangguan Pernapasan Manusia


Pernapasan merupakan salah satu ciri makhluk hidup. Pernapasan berfungsi untuk pembakaran makanan dalam tubuh. Pembakaran ini akan menghasilkan energi yang digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Ayo cermati uraian berikut ini.


• Pernapasan adalah proses pengambilan oksigen dari udara dan mengeluarkan karbon dioksida ke udara.

• Proses menghirup udara disebut inspirasi dan proses menghembuskan udara disebut ekspirasi.

• Mekanisme pernapasan dibedakan menjadi pernapasan dada (pernapasan tulang rusuk) dan pernapasan perut (pernapasan diagfragma).

• Faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan adalah umur, jenis kelamin, suhu tubuh, posisi tubuh, dan kegiatan tubuh.

• Alat pernapasan pada manusia terdiri dari: rongga hidung, pangkal tenggorokan (faring), batang tenggorokan (trakea), cabang tenggorokan (bronkus), dan paru-paru (pulmo).

• Pada rongga hidung terdapat rambut-rambut dan selaput lendir yang berguna untuk menyaring udara.

• Pada pangkal tenggorokan terdapat selaput suara yang akan bergetar bila ada suara yang melaluinya, yaitu pada waktu kita berbicara.

• Sel batang tenggorok memiliki rambut getar yang berfungsi untuk menolak debu/benda-benda asing keluar.

• TBC (Tuberculosis) adalah penyakit paru-paru yang diakibatkan oleh serangan bakteri Mycobacteria tuberculosis yang menyebabkan difusi oksigen akan terganggu karena adanya bintik-bintik atau peradangan pada dinding alveolus.


Sebelumnya mengenai Alat Pernapasan Manusia ini mungkin dapat membantu 



Gangguan pada Sistem Pernapasan
Gangguan sistem pernapasan bermacam-macam, antara lain:
1. Asma/sesak, merupakan penyakit penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan alergi terhadap rambut, bulu, kotoran, dan tekanan psikologis.
2. TBC (Tuberculosis), penyakit paru-paru yang diakibatkan oleh serangan bakteri Mycobacteria tuberculosis. Difusi oksigen akan terganggu karena adanya bintik-bintik atau peradangan pada dinding alveolus.
3. Macam-macam peradangan pada sistem pernapasan manusia:
a) Bronkitis, radang cabang batang tenggorokan (bronkus).
b) Laringitis, radang pada daerah laring.
c) Faringitis, radang pada faring.
d) Pleuritis, radang pada selaput pembungkus paruparu.
e) Rinitis, radang pada rongga hidung.
f) Sinusitis, radang pada sebelah atas rongga hidung.

Gangguan pada Sistem Pernapasan



Sekian mengenai Rangkuman Sistem dan Gangguan Pernapasan Manusia, semoga ini dapt bermafaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun