Selasa, 27 Desember 2016

Pengertian Ion dan Mollekul Menurut Para Ahli - Langsung saja kita bahas dengan materi materi dibawah ini, semoga kalian semua bisa memahaminya.


Pengertian Ion Menurut Para Ahli

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya bahwa ion merupakan salah satu partikel penyusun materi. Ion merupakan atom atau gabungan beberapa atom yang mempunyai muatan listrik positif atau negatif. Atom atau kumpulan atom yang memiliki muatan listrik positif disebut ion positif atau kation. Sedangkan, yang bermuatan listrik negatif disebut ion negatif atau anion.


Beberapa contoh kation dan anion dapat kamu lihat pada tabel berikut ini.

Pengertian Ion dan Mollekul Menurut Para Ahli


Kation (ion positif) dan anion (ion negatif) dapat bergabung membentuk senyawa ion yang disebut senyawa ionik. Senyawa ionik dapat menghantarkan listrik. Contoh yang paling sederhana adalah senyawa natrium klorida atau garam dapur yang terdiri dari ion Na+ dan ion Cl-. Ion Na+ dan ion Cl- akan tarik-menarik membentuk suatu senyawa NaCl (garam dapur) karena terdiri dari dua buah muatan listrik yang berlawanan. Untuk menguraikan senyawa NaCl ini menjadi unsur-unsur pembentuknya dapat dilakukan dengan cara mengalirkan arus listrik ke dalam lelehan natrium klorida (NaCl) sehingga NaCl ini akan terurai menjadi ion Na+ dan ion Cl-.

Pengertian Ion Menurut Para Ahli




Pengertian Molekul Menurut Para Ahli

Umumnya, partikel unsur logam berbentuk atom. Logam besi terdiri atas atom-atom besi. Logam tembaga terdiri atas atom-atom tembaga. Begitu juga dengan emas. Lalu, berbentuk apakah partikel-partikel senyawa? Partikelpartikel senyawa terdiri atas molekul-molekul senyawa itu. Molekul senyawa adalah partikel terkecil dari suatu senyawa yang masih memiliki sifat yang sama dengan senyawa itu. Molekul senyawa dapat dibentuk dari penggabungan atom unsur-unsur yang sama (molekul unsur) ataupun atom unsur-unsur yang berbeda (molekul senyawa).

Pengertian Molekul Menurut Para Ahli


1. Molekul Unsur

Molekul unsur merupakan molekul yang terbentuk dari hasil penggabungan atom-atom unsur yang sama atau sejenis. Sebagai contoh, gas O2 (oksigen) yang ada di udara adalah unsur yang partikelnya berupa molekul. Molekul oksigen dibentuk oleh dua atom oksigen (lihat Gambar 8.5).


Sebelumnya mengenai Pengertian Atom ini dapat menambah pengetahuan Anda.


Molekul yang terbentuk dari dua atom disebut molekul dwiatom, misalnya Nitrogen (N2). Sedangkan, atom yang terbentuk dari tiga atom atau lebih disebut molekul poliatomik. Sebagai contoh, molekul yang dibentuk oleh tiga atom disebut molekul triatom, misalnya Ozon (O3). Molekul yang terdiri atas empat atom disebut molekul tetraatom, misalnya posfor (P4).

Molekul Unsur


2. Molekul Senyawa

Molekul senyawa adalah molekul yang terbentuk dari hasil penggabungan atom unsur-unsur yang berbeda. Contoh molekul senyawa yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah air (H2O). H2O merupakan hasil penggabungan dua atom H dan satu atom O. Di sini kita bisa lihat bahwa atom H berbeda dengan atom O.

Molekul Senyawa


Sekian mengenai Pengertian Ion dan Mollekul Menurut Para Ahli, semoga ini dapat bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun