Sabtu, 31 Desember 2016

Rangkuman Partikel Materi - Perhatikan gambar molekul senyawa (lihat Gambar 8.1). Molekul senyawa tersebut disusun oleh atom-atom dari unsur yang berbeda. Molekul senyawa dan atom merupakan partikel materi. Apa yang dimaksud dengan partikel materi? Apa saja yang termasuk partikel materi? Bagaimanakah penerapannya dalam kehidupan sehari-hari? Kamu dapat menemukan jawabannya setelah mempelajari bab ini.


Setelah mempelajari bab ini, kamu diharapkan dapat mendeskripsikan pengertian partikel materi, mendeskripsikan konsep atom, ion, dan molekul, menyebutkan produk kimia sehari-hari yang berhubungan dengan konsep atom, ion, dan molekul, serta membandingkan molekul unsur dan molekul senyawa.


Rangkuman Partikel Materi


Partikel materi adalah bagian terkecil dari suatu materi yang memiliki sifat materi itu. Dengan kata lain, partikel materi akan memiliki sifat yang sama dengan materi tersebut. Partikel materi tersebut dapat berbentuk atom, ion, atau molekul. Ayo cermati uraian berikut ini.

• Atom adalah bagian terkecil dari suatu unsur.

• Democritus berpendapat bahwa materi terdiri dari atas bagian-bagian yang sangat kecil dan tidak dapat dibagi-bagi lagi yang disebut atom.

• Teori atom John Dalton (1766 - 1844) adalah:
a. Materi terdiri atas sejumlah partikel yang sangat kecil dan tidak dapat dipecah-pecah lagi.
b. Atom-atom dalam suatu unsur identik dalam segala hal atau mempunyai sifat dan massa yang sama dengan unsur tersebut, tetapi berbeda dengan atom-atom unsur lain.
c. Atom dapat bergabung dengan atom lain membentuk suatu senyawa dengan perbandingan tertentu yang nilainya bulat dan sederhana.

• Aturan penulisan lambang sebuah atom adalah sebagai berikut:

Rumus Rangkuman Partikel Materi


• Nomor massa atom (A) menyatakan jumlah proton dan neutron di dalam inti atom, sedangkan nomor atom (Z) menyatakan jumlah proton di dalam inti atom.

• Ion positif atau kation adalah atom atau kumpulan atom yang memiliki muatan listrik positif.

• Ion negatif atau anion adalah atom atau kumpulan atom yang bermuatan listrik negatif.

• Molekul unsur merupakan molekul yang terbentuk dari hasil penggabungan atom unsur-unsur yang sama atau sejenis.

• Molekul senyawa adalah molekul yang terbentuk dari hasil penggabungan atom unsur-unsur yang berbeda.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun