Selasa, 10 Januari 2017

Rangkuman Bahan Kimia Rumah Tangga - Detergen merupakan salah satu contoh bahan kimia yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain detergen, bahan kimia apalagi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari? Apa kegunaan dan efek samping bahan kimia tersebut? Kamu dapat menemukan jawabannya setelah mempelajari bab ini.


Setelah mempelajari bab ini, kamu diharapkan dapat menyebutkan bahan kimia yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, mendeskripsikan kegunaan dan efek samping bahan kimia tersebut, serta mencari informasi kegunaan dan efek samping bahan kimia.

Rangkuman Bahan Kimia Rumah Tangga


Beberapa di antara kamu pernah mendengar mengenai bahan-bahan kimia yang sering digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, sebagai bahan pengawet dalam makanan, peracikan obat-obatan, dan yang paling sering kita dengar adalah digunakan sebagai bahan peledak.

Bahan-bahan kimia tersebut akan membahayakan jika kita menggunakannya untuk hal-hal yang negatif. Akan tetapi, tanpa kita sadari banyak bahan kimia yang bermanfaat dalam kehidupan ini. Misalnya, saat kita mandi, sabun mandi dan pasta gigi yang kita gunakan mengandung bahan kimia. Selain itu, detergen dan pewangi pakaian yang kita pakai juga menggunakan bahan kimia dalam proses pembuatannya. Ayo cermati uraian berikut ini.


• Bahan kimia dalam rumah tangga dapat ditemukan dalam pembersih, pemutih, pewangi, dan pembasmi hama.

• Sabun dan detergen merupakan surfaktor atau zat penurun tegangan permukaan sehingga kotoran berupa minyak atau lemak yang tadinya tak dapat bercampur dengan air menjadi mudah bercampur dengan air.

• Pemutih berfungsi untuk menghilangkan noda yang tidak hilang dengan menggunakan detergen.

• Contoh bahan pemutih adalah natrium hypoklorit (NaOCl), kaporit (kalsium hipoklorit) atau Ca(ClO)2, natrium perboat (NaBO3), dan hidrogen peroksida (H2O2).

• Untuk pembuatan parfum dan deodoran diperlukan bahan campuran lain, seperti alkohol sebagai propelan dan pelarut.

• Pestisida adalah sebutan untuk semua jenis obat (bahan kimia) pembasmi hama yang ditujukan terhadap serangga, jamur, bakteri, dan hama lainnya.

• Insektisida adalah obat (bahan) kimia yang digunakan untuk memberantas hama tanaman berupa serangga.

• Fungisida adalah obat kimia yang digunakan untuk memberantas hama tanaman berupa jamur atau cendawan.

• Bakterisida adalah obat kimia yang digunakan untuk memberantas hama tanaman berupa bakteri dan virus.

• Herbisida adalah jenis pestisida yang digunakan untuk membasmi tanaman pengganggu (gulma) seperti alang-alang, rumput, eceng gondok, dan lainlain. 

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun