Sabtu, 11 Maret 2017

Rangkuman Maateri Zat Adiktif - Manusia sebagai makhluk hidup memerlukan makan dan minum untuk melangsungkan kehidupannya. Zat-zat makanan yang dikonsumsi oleh tubuh hendaknya memiliki kandungan gizi yang cukup agar tubuh dapat berkembang dengan baik.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia mampu menciptakan berbagai makanan yang aromanya menarik, rasanya lezat, dan bergizi. Mengapa makanan tersebut bisa menjadi menarik, rasanya lezat, dan bergizi? Zat-zat apa saja yang ditambahkan pada makanan tersebut? Bagaimanakah dampaknya jika kamu mengkonsumsi makanan tersebut? Coba kamu temukan jawabannya dalam bab ini.


Setelah mempelajari bab ini, diharapkan kamu dapat mendeskripsikan berbagai jenis zat aditif alami dan buatan yang terdapat pada makanan, dan mendeskripsikan dampak penggunaan zat aditif pada makanan.


Rangkuman Maateri Zat Adiktif



• Zat aditif adalah zat-zat tambahan yang digunakan pada makanan dengan tujuan tertentu.

• Tujuan penambahan zat aditif pada makanan adalah memberikan rasa sedap, mengawetkan, memberi warna, pemanis, dan memberikan aroma.

• Contoh bahan pewarna alami adalah beta-karoten (kuning), klorofil (hijau), karamel (cokelat hitam), dan anato (oranye).

• Contoh bahan pewarna alami adalah eritrosin (merah), kuning FCF (kuning), hijau FCF (hijau), cokelat HT (cokelat), dan biru berlian (biru).

• Pengawet merupakan bahan yang sering digunakan untuk mengawetkan makanan sehingga makanan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

• Pemanis adalah zat yang ditambahkan kepada makanan atau minuman sehingga menimbulkan rasa manis.

• Anti oksidan merupakan suatu zat aditif pada makanan berupa senyawa yang mudah teroksidasi.

• Untuk menghindari bahaya dari penggunaan zat aditif, sebaiknya kita menggunakan zat aditif yang alami dan mengurangi penggunaan zat aditif sintesis.



Upaya Mengurangi Dampak Negatif Penggunaan Zat Aditif
Penggunaaan zat aditif pada makanan seringkali menimbulkan berbagai dampak negatif. Dampak yang paling sering muncul adalah dari penggunaan bahan aditif sintetik karena menggunakan bahan kimia hasil olahan industri. Dari berbagai dampak negatif yang ditimbulkan dari penggunaan bahan aditif, kita perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung zat aditif.


Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak negatif dari penggunaan zat aditif makanan adalah sebagai berikut:
a) Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat aditif tidak berlebihan.
b) Teliti memilih makanan yang mengandung zat aditif dengan memeriksa kemasan, karat atau cacat lainnya.
c) Memilih sendiri zat aditif yang akan digunakan sebagai bahan makanan.
d) Menggunakan zat aditif yang berasal dari alam.
e) Memeriksa tanggal produksi dan masa kadaluarsa yang terdapat pada kemasan makanan yang akan dikonsumsi.
f) Memeriksa bahan-bahan kimia yang terkandung dalam makanan dengan cara membaca komposisi bahan pada kemasan.
g) Memeriksa apakah makanan yang akan dikonsumsi telah terdaftar di Departemen Kesehatan atau belum.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun