Sabtu, 23 September 2017

Pengertian Getaran Periode dan Frekuensi - Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal kata getaran, seperti getaran bumi pada saat terjadi gempa bumi, getaran tubuh saat menggigil kedinginan, dan sebagainya.

Sebetulnya, apa itu yang dimaksud dengan getaran? Getaran adalah peristiwa gerak bolak-balik sebuah benda terhadap suatu titik kesetimbangan. Contoh getaran sederhana di antaranya: getaran beban yang digantung pada ujung pegas, getaran senar gitar pada saat dipetik, getaran pada bandul sederhana, getaran atom pada zat padat, dan sebagainya.

Getaran ada dua jenis, yaitu getaran mekanis dan getaran nonmekanis. Getaran mekanis adalah getaran dimana benda yang bergetar mengalami pergeseran linear atau pergeseran sudut. Sedangkan, getaran nonmekanis melibatkan perubahan pada besaran-besaran fisika.

Contoh-contoh getaran di atas merupakan getaran mekanis, sedangkan contoh getaran nonmekanis di antaranya adalah medan listrik dan medan magnet.

Pengertian Getaran Periode dan Frekuensi


Perhatikan Gambar 15.2, sebuah beban yang tergantung pada sebuah pegas. Mula-mula beban berada pada posisi A, kemudian kita tarik sedemikian sehingga sampai pada posisi B. Apa yang terjadi? Beban kembali ke posisi A, kemudian ke posisi C, dan kembali ke posisi A, begitu seterusnya. Terlihat bahwa beban melakukan gerak bolakbalik terhadap titik kesetimbangan (A).

Jarak antara posisi benda saat bergetar dengan posisi pada keadaan setimbang disebut simpangan. Simpangan terjauh disebut amplitudo.

Dalam bahasan getaran, kita mengenal istilah baru, yaitu periode dan frekuensi.



Periode


Jika diperhatikan, nilai t/n pada setiap baris memiliki nilai yang sama. Nilai perbandingan inilah yang kita katakan sebagai periode suatu getaran. Jadi, periode adalah selang waktu yang diperlukan sebuah benda untuk melakukan satu getaran lengkap. Dalam Sistem Internasional (SI), periode dilambangkan dengan T dan memiliki satuan sekon (s).

Pengertian Getaran Periode


dengan:
T = periode (sekon)
t = waktu (sekon)
n = banyak getaran

Walaupun simpangan pada pegas diperbesar, nilai dari periode tidak akan berubah. Dengan kata lain, periode getaran tidak dipengaruhi oleh besar amplitudo.

Pada gambar getaran di halaman sebelumnya, satu periode berarti waktu yang diperlukan oleh beban untuk bergerak dari B ke B lagi dengan lintasan B - A - C - A - B.



Frekuensi


Frekuensi adalah banyaknya getaran dalam satu detik. Dalam Sistem Internasional (SI), frekuensi dilambangkan dengan f dan memiliki satuan Hertz (Hz).

Pengertian dan Rumus Getaran Periode dan Frekuensi


dengan:
f = frekuensi (Hz)
t = waktu (sekon)
n = banyak getaran

Karena frekuensi adalah kebalikan dari periode, maka di antara keduanya berlaku hubungan:

Pengertian dan Rumus Frekuensi


1. Sebuah bandul bergerak bolak-balik dengan lintasan A - B - C - B - A.

Jika waktu yang diperlukan bandul tersebut untuk melakukan satu getaran adalah 2 detik, berapakah periode dan frekuensi getaran bandul tersebut?

Soal Pengertian dan Rumus Frekuensi



Sekian mengenai Pengertian Getaran Periode dan Frekuensi , semoga ini dapat membantu

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun