Sabtu, 23 September 2017


Kapal laut dapat terapung di atas lautan. Oleh karena itu, kapal laut dijadikan sebagai salah satu alat transportasi. Apa yang menyebabkan kapal laut terapung di lautan? Teori apa yang menjelaskan hal ini? Bagaimana kaitannya dengan teoriteori tentang IPA yang lainnya? Ayo temukan jawabannya dalam bab ini.


Setelah mempelajari bab ini, diharapkan kamu dapat mendeskripsikan prinsip tekanan pada zat padat, cair, dan gas, serta menjelaskan prinsip Hukum Pascal, Hukum Archimedes, Hukum Boyle, dan penerapannya dalam kehidupan seharihari.

Rangkuman Tekanan


Tekanan adalah besaran skalar yang menunjukkan besarnya gaya per satuan luas permukaan tempat gaya itu bekerja, yang secara matematis dirumuskan sebagai:

Rangkuman Tekanan 1 2


• Tekanan hidrostatis adalah tekanan yang disebabkan oleh zat cair yang berada pada kedalaman tertentu, secara matematis dirumuskan sebagai:

Rangkuman Tekanan 1


• Bunyi Hukum Pascal adalah:
"Apabila tekanan diberikan pada satu bagian zat cair dalam suatu ruangan tertutup, akan diteruskan oleh zat cair ke segala arah dengan sama besar".

• Dongkrak hidrolik adalah alat yang digunakan untuk mengangkat mobil ketika mengganti ban mobil.

Sebelumnya mengenai Tekanan Gas Ruang Tertutup ini mungkin dapat membantu anda

• Bunyi Hukum Archimedes adalah:
"Jika sebuah benda dicelupkan ke dalam zat cair, maka benda tersebut akan mendapat gaya apung sebesar berat zat cair yang dipindahkannya".

• Alat yang bekerja dengan prinsip Hukum Archimedes adalah kran otomatis pada penampungan air, hidrometer, dan kapal selam.

• Bejana berhubungan adalah suatu wadah atau bejana yang tidak memiliki sekat atau saling berhubungan.

• Tekanan udara adalah gaya per satuan luas yang bekerja pada suatu bidang oleh gaya berat kolom udara yang berada di atasnya.

• Bunyi Hukum Boyle adalah:
"Hasil kali tekanan dan volume gas dalam ruangan tertutup adalah tetap/ konstan".

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun