Sabtu, 30 September 2017

Rumus dan Hukum Pembiasan Cahaya - Sebagai gelombang elektromagnetik, cahaya akan dipantulkan atau dibiaskan saat melewati bidang batas antara dua medium. Saat cahaya dari udara melewati bidang batas antara air dan udara, maka sebagian kecil dari cahaya akan dipantulkan dan sisanya akan diteruskan. Karena terdapat perbedaan kerapatan optik antara udara dan air, maka arah berkas cahaya yang datang dari udara tidak akan sama dengan arah berkas cahaya di dalam air. Karena hal tersebut, maka cahaya akan dibelokkan. Peristiwa ini disebut pembiasan. Sedangkan, rapat optik adalah sifat dari medium tembus cahaya (zat optik) dalam melewatkan cahaya.

Rumus dan Hukum Pembiasan Cahaya


Kerapatan optik yang berbeda pada dua medium, menyebabkan cepat rambat cahaya pada kedua medium tersebut berbeda. Perbandingan antara cepat rambat cahaya pada medium 1 dan medium 2 disebut indeks bias. Jika medium 1 adalah ruang hampa, maka perbandingan antara cepat rambat cahaya di ruang hampa dan di sebuah medium disebut indeks bias mutlak medium tersebut.

Rumus dan Hukum Pembiasan Cahaya 1


dengan:
n = indeks bias mutlak medium
c = cepat rambat cahaya di ruang hampa = 3·108 m/s
v = cepat rambat cahaya pada medium

Sebelumnya mengenai Hubungan Jarak Benda Jarak Bayangan dan Jarak fokus ini mungkin dapat membantu


Hukum Pembiasan


Selain pemantulan, Willeboard Snellius juga melakukan eksperimen-eksperimen tentang pembiasan cahaya dan ia menemukan hubungan antara sinar datang dan sinar bias
yang kemudian dikenal dengan Hukum Snellius, yaitu:
1) Sinar datang, garis normal, dan sinar bias terletak pada satu bidang datar.
2) a) Jika sinar datang dari medium lebih rapat menuju medium yang kurang rapat, maka sinar akan dibiaskan menjauhi garis normal.
b) Jika sinar datang dari medium kurang rapat menuju medium yang lebih rapat, maka sinar akan dibiaskan mendekati garis normal.

Hukum Pembiasan Cahaya 1


3) Perbandingan sinus sudut datang (i) dengan sinus sudut bias (r) merupakan suatu bilangan tetap. 

Bilangan tetap inilah yang sebenarnya menunjukkan indeks bias.

Rumus Hukum Pembiasan Cahaya 1



Sekian mengenai Rumus dan Hukum Pembiasan Cahaya, semoga ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun