Rabu, 27 September 2017

Sifat-Sifat Gelombang Bunyi dan Kehidupan Manusia - Sifat-sifat gelombang bunyi, seperti sifat pemantulan, nada, dan frekuensi ultrasonik, bermanfaat dalam kehidupan manusia. Dengan adanya tangga nada, umat manusia menjadi lebih “manusia”. Nada-nada dilantunkan sebagai ekspresi pemikiran, motivasi, dan emosi. Dalam dunia kedokteran, frekuensi ultrasonik banyak digunakan.

Mendeteksi adanya tumor, menyelidiki otak, hati, dan liver, menghancurkan batu ginjal, sampai mendeteksi janin. Tentu kita pernah mendengar apa yang disebut dengan USG (Ultrasonografi) sebagai metode untuk mendeteksi janin. Walaupun penggunaan gelombang ultrasonik kalah akurat dengan sinar-X (rontgen), namun belum pernah ditemukan hingga saat ini efek samping dari penggunaan gelombang ultrasonik dibandingkan dengan penggunaan sinar-X.

Sebelumnya mengenai Macam Bunyi Pantul ini mungkin dapat membantu

Penggunaan bersama-sama gelombang ultrasonik dan sifat pemantulan digunakan dalam alat yang disebut SONAR (Sound Navigating Ranging) bermanfaat untuk mengukur kedalaman laut, mendeteksi ranjau, kapal tenggelam, letak palung laut, dan letak kelompok ikan. Selain di laut, di darat pun gelombang ultrasonik dapat digunakan untuk mendeteksi kandungan minyak dan mineral dalam bumi.

Sifat Gelombang Bunyi dan Kehidupan Manusia



1. Wawan berteriak di depan sebuah tebing. Jika ia mendengar bunyi gema setelah 2 detik dan cepat rambat bunyi di udara 340 m/s, berapakah jarak antara Wawan dengan tebing?

Sifat Gelombang Bunyi dan Kehidupan


2. Sebuah kapal yang dilengkapi dengan peralatan SONAR, mendeteksi kedalaman permukaan laut 500 m. Jika waktu yang diperlukan peralatan SONAR tersebut untuk memancarkan dan menerima kembali bunyi adalah 0,7 detik, berapakah cepat rambat bunyi pada air laut?

Soal Sifat Gelombang Bunyi dan Kehidupan



Sekian mengenai Sifat-Sifat Gelombang Bunyi dan Kehidupan Manusia, semoga ini bisa membantu.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun