Rabu, 13 Desember 2017

Cara Penentuan Skala Prioritas Dan Biaya Kesempatan - Seperti telah kamu ketahui, kebutuhan manusia jumlahnya tidak terbatas, sedangkan jumlah alat pemuas kebutuhan manusia jumlahnya terbatas. Oleh karena itu, diperlukan keterampilan untuk memilih sesuai dengan tingkat kebutuhan dari barang atau jasa yang bersangkutan atau memprioritaskan yang penting dan mendesak untuk dipenuhi. Penentuan skala prioritas dalam memilih kebutuhan sangat diperlukan agar kebutuhan yang sifatnya mendasar dan dapat menimbulkan masalah apabila tidak terpenuhi tidak terkalahkan oleh kebutuhan yang dapat ditunda.

Adanya keterbatasan sumber daya pemuas kebutuhan manusia mendorong manusia untuk melakukan berbagai pilihan dari segala sesuatu yang tersedia dan dapat dipilih. Pilihan merupakan suatu tindakan untuk mengambil keputusan mengenai barang apa yang akan dipilih sehingga kepuasan individu tetap dapat tercapai. Untuk itulah ilmu ekonomi lahir, yaitu untuk membantu bagaimana seseorang, individu, atau masyarakat melakukan pilihan terhadap sumber daya yang langka dalam memenuhi kebutuhan.

Cara Penentuan Skala Prioritas Dan Biaya Kesempatan


Sebelumnya mengenai Jenis Kebutuhan Manusia dapat menambah pengetahuan anda

Setiap pilihan yang dilakukan oleh konsumen dan produsen terhadap suatu barang dan jasa, tentu saja melahirkan suatu pengorbanan berupa barang-barang atau jasa yang tidak dipilih. Misalnya, karena keterbatasan uang yang kamu miliki, kamu lebih memilih membeli buku daripada membeli sepatu. Dengan demikian, kamu sudah mengorbankan kesempatan kamu untuk membeli sepatu. Contoh lainnya, yaitu sebuah perusahaan lebih memilih memproduksi pakaian perempuan daripada memproduksi pakaian anak sekolah maka perusahaan tersebut telah mengorbankan kesempatannya untuk memproduksi pakaian anak sekolah. Pengorbanan kamu membeli sepatu dan pengorbanan perusahaan memproduksi pakaian anak sekolah merupakan pengorbanan berupa kesempatan. Dalam ilmu ekonomi, pengorbanan berupa kesempatan tersebut disebut sebagai biaya kesempatan yang hilang atau opportunity cost.

Sekian mengenai Cara Penentuan Skala Prioritas Dan Biaya Kesempatan, semoga apa yang ada pada materi diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi semuanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun