Jumat, 22 Desember 2017

Pengertian, Fungsi, Dan Peran Pasar – Adalah Dalam kehidupan sehari-hari, pasar diartikan sebagai suatu tempat bertemunya antara penjual yang menawarkan barang dan pembeli yang membutuhkan barang. Pasar merupakan tempat untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Dengan adanya pasar, produsen atau penjual dapat menyalurkan dan menjual barang yang diproduksi tanpa harus kebingungan memikirkan kemana barang hasil produksinya harus dijual. Bagi konsumen atau pembeli, pasar memudahkan mereka mencari berbagai macam kebutuhan pokok.


Pengertian, Fungsi, Dan Peran Pasar


Kita tentu tidak bisa membayangkan bila dalam hidup kita tidak terdapat pasar. Kita akan mengalami kesulitan dalam memenuhi semua kebutuhan hidup kita. Contohnya hasil panen sayuran para petani akan menjadi sia-sia apabila tidak ada yang membeli padi tersebut. Petani tidak mungkin bisa memenuhi semua kebut
uhan hidupnya hanya dengan padi hasil panennya. Dia pasti memerlukan kebutuhan hidup yang lain. Sebaliknya, konsumen yang memiliki uang sebanyak apa pun tidak akan ada nilainya, apabila tidak ada orang yang menjual kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu, pasar memiliki kedudukan yang sangat penting dalam kehidupan setiap manusia.



Mengingat kedudukannya yang sangat penting dalam kehidupan manusia, pasar memiliki beberapa fungsi utama.


Adapun fungsi pasar itu antara lain sebagai berikut.
1. Menetapkan Nilai
Pada saat terjadi transaksi jual beli, pihak penjual dan pembeli menetapkan harga masing-masing terhadap satu jenis barang. Setelah melakukan tawar-menawar maka akan diperoleh harga yang disepakati oleh kedua belah pihak dan disebut harga kesepakatan atau harga keseimbangan. Contohnya, Pak Joni seorang tukang sayur menawarkan seikat bayam Rp1.500,00, kemudian Bu Ratna meminta dengan harga Rp1.000,00. Setelah tawar-menawar maka disepakati harga seikat bayam Rp1.250,00. Jadi, nilai seikat bayam adalah Rp. 1.250,00.
2. Mendistribusikan Barang dan Jasa
Pasar dapat membantu memenuhi kebutuhan barang dan jasa. Dengan adanya pasar, konsumen tidak akan disusahkan dalam mencari semua kebutuhan hidupnya, karena pasar bisa menyediakan seluruh barang kebutuhan hidup. Contohnya, apabila kita membutuhkan pakaian maka kita tinggal pergi ke pasar. Bila kita membutuhkan beras maka kita tinggal pergi ke pasar beras.
3. Mengorganisasikan Produksi
Barang dan jasa yang dijual di pasar akan terjual kalau harganya dianggap murah oleh konsumen. Oleh karena itu, produsen selalu menerapkan metoda produksi yang dapat menekan biaya produksi untuk menghasilkan produk yang harganya murah. Contohnya, untuk menghasilkan barang yang murah produsen mengatur bahan baku, upah pegawai, biaya penjualan, dan lain lain.
4. Menyediakan Barang dan Jasa untuk Keperluan Masa Depan
Pasar biasanya menjadi salah satu tempat menyimpan stok barang untuk keperluan di kemudian hari. Kita dapat memperolehnya untuk keperluan di masa depan.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun