Sabtu, 02 Desember 2017


Tahukah kamu bagaimana nenek moyang kita dahulu melawan penjajah? Lahirnya kemerdekaan bangsa Indonesia tidak semudah membalikkan telapak tangan, akan tetapi dilakukan melalui perjuangan keras dari para pejuang bangsa di berbagai daerah di Indonesia.

Pada bab ini, kamu akan belajar tentang bagaimana pemerintah kolonial Belanda melakukan penjajahan kepada bangsa Indonesia serta reaksi rakyat di berbagai daerah terhadap penjajahan tersebut, termasuk bagaimana agama Nasrani sebagai salah satu misi yang dibawa dalam penjajahan tersebut menyebar di Indonesia.

Rangkuman Materi Kebangkitan Nasional Indonesia


1. Perlawanan yang dilakukan oleh bangsa Indonesia terhadap kedatangan dan dominasi bangsa Barat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya sebagai berikut.
a) Gerakan bangsa Barat yang cenderung menguasai dan menjajah sumber daya alam serta sumber daya manusia yang ada di Indonesia.
b) Hasrat untuk hidup tenang sesuai dengan adat-istiadat setempat dari rakyat Indonesia.
c) Hasrat untuk menegakkan kedaulatan dan kemandirian serta tidak ingin dicampuri oleh bangsa asing.
d) Kolonialisme dan imperialisme sangat membelenggu masyarakat Indonesia.

2. Agama Kristen yang menyebar di Indonesia berasal dari berbagai aliran agama Katolik yang mengakui kekuasaan Paus di Roma.

3. Menurut catatan sejarawan, masuk dan berkembangnya agama Kristen bersamaan dengan masuk dan berkembangnya penjelajahan dan pelayaran dunia yang dilakukan oleh bangsa Portugis, Spanyol, dan Belanda di Indonesia.

4. Politik etis yang dipraktikkan oleh Belanda difokuskan pada pengembangan edukasi atau pendidikan, migrasi atau kependudukan, dan irigasi atau pengairan.

5. Selain pendidikan yang dimotori oleh pemerintah kolonial, peran pendidikan Islam dalam melahirkan nasionalisme juga sangat penting. Golongan terpelajar Islam lahir karena pendidikan pesantren.

6. Kaum terpelajar berpendapat bahwa penjajahan Belanda memiliki beberapa keburukan, di antaranya sebagai berikut.
a) Adanya diskriminasi dan pembatasan terhadap penduduk pribumi di segala bidang.
b) Belanda menguras sumber daya alam dan manusia Indonesia untuk kepentingan kolonial dan negeri Belanda.
c) Belanda sangat takut jika bangsa Indonesia menjadi bangsa yang pintar dan maju.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun