Kamis, 28 Desember 2017


Sudahkan Kamu berkunjung ke Bursa Efek Indoensia (BEI)? BEI merupakan hasil gabungan dari Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan Bursa Efek Surabaya (BES) yang mulai diaktifkan sejak 1 Desember 2007. Di tempat tersebut perusahaanperusahaan yang sudah “go public” menjual sebahagian modalnya yang biasa disebut saham ke masyarakat umum, Kamu pun dapat bertindak sebagai pembeli modal dari perusahaanperusahan yang telah terdaftar di Bursa Efek. Seperti Telkom, Pertamina, Indosat, dan lain-lain.


Bursa Efek merupakan salah satu contoh pasar, selain pasar modal terdapat pula pasar uang, pasar valuta asing dan sebagainya, pada bab ini kamu akan mempelajari tentang pengertian pasar dan macam-macamnya.

Rangkuman Materi Pasar dalam Kegiatan Ekonomi


1. Pasar adalah tempat bertemunya penjual yang menawarkan barang dan pembeli yang meminta barang.

2. Pasar memiliki fungsi penting dalam kehidupan ekonomi, yaitu menetapkan nilai, mengorganisasikan barang, mendistribusikan barang, dan memenuhi kebutuhan masa depan.

3. Berdasarkan waktu pelaksanaannya pasar dibedakan atas pasar harian, pasar mingguan, pasar bulanan, dan pasar tahunan. Adapun berdasarkan strukturnya pasar dibedakan atas pasar persaingan sempurna dan pasar bukan persaingan sempurna.

4. Pasar bukan pesaingan sempurna terdiri atas pasar monopoli, pasar oligopoli, pasar persaingan monopolistis, pasar monopsoni, dan pasar oligopsoni.

5. Berdasarkan ada tidaknya barang yang tersedia untuk dijual, pasar dibedakan atas pasar konkret dan pasar abstrak.

6. Pasar konkret adalah pasar tempat barang dijual ada di tempat dan bisa langsung dibawa pulang pembeli. Adapun pasar abstrak adalah pasar tempat barang yang dijual tidak mesti ada di tempat dan transaksi tidak mesti bertatap muka langsung.

7. Pasar abstrak terdiri atas pasar uang, pasar modal, pasar valuta asing, pasar tenaga kerja, dan pasar komoditi.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun