Sabtu, 03 Februari 2018


Untuk keperluan sekolahmu, orang tuamu pergi ke toko alat tulis kantor (ATK) melihatlihat alat tulis. Ia bertanya tentang harga suatu barang kemudian terjadi proses tawarmenawar harga dengan pedagang. Apabila sudah mencapai kesepakatan terjadilah transaksi.


Aktivitas yang dilakukan orang tuamu biasanya terjadi di pasar. Toko ATK dapat dimaknai sebagai pasar. Di dalamnya ada permintaan yang datang dari orang tuamu, adapula penawaran dari pedagang serta adapula harga keseimbangan atau harga pasar yang terbentuk sebagai hasil kesepakatan antara orang tuamu sebagai pembeli dan pedagang.


Pada bab ini akan diuraikan tentang konsep permintaan, penawaran, serta harga keseimbangan atau harga pasar sebagai hasil interaksi antara permintaan dan penawaran yang terjadi di pasar.

Rangkuman Permintaan Penawaran dan Harga Keseimbangan


1. Permintaan diartikan sebagai keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkatan harga selama periode waktu tertentu.

2. Faktor-faktor yang memengaruhi permintaan:
a) harga barang itu sendiri,
b) harga barang lain yang terkait,
c) tingkat pendapatan,
d) selera atau kebiasaan,
e) jumlah penduduk,
f) perkiraan harga di masa mendatang,
g) usaha-usaha produsen meningkatkan penjualan.

3. Hukum permintaan: “Permintaan berbanding terbalik dengan harga: jika suatu barang naik, jumlah barang yang diminta akan berkurang. Sebaliknya, jika harga barang turun, jumlah barang yang diminta akan bertambah,” dengan asumsi ceteris paribus.

4. Penawaran diartikan sebagai sejumlah barang yang ditawarkan oleh produsen pada berbagai tingkat harga selama periode tertentu.

5. Faktor-faktor yang memengaruhi penawaran:
a) harga barang itu sendiri,
b) harga barang lain yang terkait,
c) harga faktor produksi,
d) biaya produksi,
e) teknologi produksi,
f) jumlah pedagang atau penjual.

6. Hukum penawaran: “Penawaran berbanding lurus dengan harga: jika harga suatu barang naik, jumlah barang yang ditawarkan akan naik. Sebaliknya, jika harga suatu barang turun, jumlah barang yang ditawarkan pun akan turun.”

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun