Sabtu, 05 Mei 2018

Macam Macam Elastisitas Harga Permintaan - Elastis, Inelastis, Elastis Uniter, Elastis Sempurna dan Inelastis Sempurna. Mari kita bahas dengan materi dibawah ini:


1. Permintaan Elastis (Ed > 1)
Apabila diperoleh Ed > 1, sifat permintaan dikatakan elastis. Hal ini berarti konsumen peka terhadap perubahan harga barang atau perubahan harga sebesar 1% menyebabkan terjadinya perubahan jumlah yang diminta lebih dari 1%. Barang-barang yang mempunyai sifat permintaan yang elastis adalah barang-barang yang mempunyai pengganti (substitusi) dan barang-barang elektronik, seperti VCD, televisi, dan DVD.

Dalam bentuk kurva, permintaan elastis berbentuk landai seperti terlihat berikut ini.

Macam Macam Elastisitas Harga Permintaan



2. Permintaan Inelastis (Ed < 1)
Pada jenis elastisitas ini konsumen kurang peka terhadap perubahan harga. Artinya, meskipun harga naik atau turun, masyarakat akan tetap membelinya. Barang yang mempunyai elastisitas yang inelastis adalah barang-baramg kebutuhan pokok dan barang-barang yang tidak mempunyai pengganti (subtitusi). Ed < 1 berarti perubahan harga sebesar 1% menyebabkan perubahan jumlah barang yang diminta kurang dari 1%.

Dalam bentuk kurva, permintaan elastis berbentuk curam seperti terlihat berikut ini.

Permintaan Inelastis (Ed < 1)



3. Permintaan Elastis Uniter (Ed = 1)
Elastisitas permintaan ini mengandung arti bahwa perubahan harga sebesar 1% menyebabkan terjadinya perubahan jumlah barang yang diminta sebesar 1%.
Dalam bentuk kurva, permintaan uniter kemiringannya 45 seperti berikut ini.

Permintaan Elastis Uniter (Ed = 1)



4. Permintaan Elastis Sempurna (Ed = • )
Suatu barang/jasa disebut memiliki elastisitas sempurna jika memiliki koefisien elastisitas tak terhingga. Dengan demikian, pada harga tertentu jumlah yang diminta konsumen mencapai tidak terhingga atau berapa pun persediaan barang/jasa yang ada akan habis diminta oleh konsumen. Salah satu komoditas yang memiliki ciri ini adalah bahan bakar minyak (BBM).

Dalam bentuk kurva, permintaan elastisitas berbentuk sempurna horizontal seperti terlihat berikut ini.

Permintaan Elastis Uniter (Ed = 1)



Sebelumnya mengenai Proses Terbentuknya Harga Keseimbangan ini dapat menambah pengetahuan anda


5. Permintaan Inelastis Sempurna (Ed = 0)
Untuk barang yang penting sekali (kebutuhan yang sangat pokok), berapa pun perubahan harga tidak akan memengaruhi jumlah barang yang diminta. Kurva untuk jenis elastisitas ini akan berbentuk garis lurus yang sejajar dengan sumbu vertikal (sumbu P).

Dalam bentuk kurva, permintaan inelastis sempurna tegak lurus seperti terlihat berikut ini.

Permintaan Inelastis Sempurna (Ed = 0)


0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun