Kamis, 24 Mei 2018

Perbedaan Analisis Ekonomi Mikro dan Makro – Adalah Dari pengertian yang telah dibahas di atas, kita dapat membedakan sudut pandang ekonomi mikro dan ekonomi makro dalam melihat permasalahan ekonomi. Hal tersebut dapat dilihat dari pebedaan-perbedaan analisis ekonomi mikro dan ekonomi makro yang akan diuraikan di bawah ini.


Analisis Ekonomi Mikro

Analisis ekonomi mikro terdiri dari teori harga, teori produksi, dan teori distribusi. Hal tersebut dapat diuraikan sebagai berikut.
a. Teori harga
b. Teori produksi
c. Teori distribusi


PERBEDAAN ANALISIS EKONOMI MIKRO DAN MAKRO




Analisis Ekonomi Makro

Ekonomi makro menganalisis keadaan keseluruhan dari kegiatan perekonomian. Ekonomi makro tidak membahas kegiatan yang dilakukan oleh seorang produsen, seorang konsumen atau seorang pemilik faktor produksi, tetapi pada keseluruhan tindakan para konsumen, para pengusaha, pemerintah, lembaga-lembaga keuangan, dan negara lain serta bagaimana pengaruh tidakan-tindakan tersebut terhadap perekonomian secara keseluruhan.


Permasalahan Ekonomi Makro
Ekonomi makro, yang merupakan salah satu cabang ilmu, ekonomi dapat membantu memecahkan permasalahan kebijakan ekonomi secara makro. Permasalahan kebijakan ekonomi makro mencakup masalah-masalah yang berkaitan dengan pengelolaan dan pengendalian perekonomian secara umum.

Ada tiga masalah ekonomi makro jangka pendek yang harus diatasi setiap saat. Ketiga masalah yang dimaksud adalah sebagai berikut.
a. Masalah inflasi
b. Masalah pengangguran
c. Masalah ketimpangan dalam neraca pembayaran



Sekian materi mengenai Perbedaan Analisis Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro, semoga apa yang ada dalam materi diatas dapat bermanfaat bagi semuanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun