Kamis, 10 Mei 2018





1. Permintaan (demand) adalah jumlah produk (baik barang atau jasa) yang diingikan konsumen pada berbagai tingkat harga selama jangka waktu tertentu.

2. Permintaan dibagi tiga, yaitu permintaan absolut, potensial, dan efektif.

3. Faktor-faktor yang memengaruhi permintaan adalah harga barang itu sendiri, perubahan harga barang yang berkaitan, pendapatan masyarakat (daya beli masyarakat), populasi penduduk (banyak sedikitnya jumlah penduduk), selera konsumen (minat/keinginan masyarakat), adanya barang pengganti (subtitusi), tingkat kebutuhan terhadap suatu macam barang (intensitas kebutuhan), dan mode (trend).



Rangkuman Materi Permintaan dan Penawaran Ekonomi



4. Hukum permintaan berbunyi jika harga naik akan menyebabkan jumlah barang yang diminta akan turun, dan sebaliknya jika harga turun akan menyebabkan jumlah barang yang diminta naik, dengan syarat ceteris paribus, yaitu faktor-faktor lain diangkap konstan.

5. Perubahan harga akan menyebabkan kurva permintaan bergerak. Tapi apabila permintaan dipengaruhi oleh faktor-faktor lain maka kurva permintaan akan bergeser.

6. Penawaran (suppl ) adalah sejumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual (produsen) pada berbagai tingkat harga dan dalam waktu tertentu (per hari, per minggu, per tahun).

7. Hal-hal yang memengaruhi penawaran adalah harga, biaya input (faktor produksi), tingkat teknologi, keuntungan/laba (keuntungan yang diharapkan), adanya tingkat persaingan, dan harapan masa depan (e pectation).

8. Hukum penawaran perbunyi jika harga naik maka jumlah yang ditawarkan juga naik. Demikian pula sebaliknya jika harga turun maka jumlah yang ditawarkan juga mengalami penurunan, dengan syarat ceteris paribus, yaitu faktor-faktor lain dianggap konstan.

9. Perubahan harga akan menyebabkan kurva penawaran bergerak. Tapi apabila penawaran dipengaruhi oleh faktor-faktor lain maka kurva penawaran akan bergeser.

10. Harga pasar/harga keseimbangan (equilibrium) adalah harga yang disepakati oleh penjual dan pembeli pada saat terjadinya transaksi.

11. Elastisitas harga dari permintaan (price elasticit of demand) adalah tingkat kepekaan perubahan jumlah barang/jasa yang diminta terhadap perubahan harga.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan membangun